Polres OKU optimalkan pengawasan distribusi elpiji selama Ramadhan

“Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan elpiji mencukupi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa,” kata Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Minggu.

Dia mengatakan, dalam pengawasan pihaknya menerjunkan personel guna menyisir sejumlah agen penyalur untuk memastikan ketersediaan gas elpiji 3 Kg aman dan tidak terjadi lonjakan harga di pasaran.

“Berdasarkan pantauan yang kami lakukan sejak awal Ramadhan, harga elpiji 3 Kg masih stabil. Begitupun stoknya dapat dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Kapolres mengimbau kepada seluruh agen penyalur untuk tidak memanfaatkan momen Ramadhan guna menaikkan harga yang memberatkan masyarakat di wilayah itu.

“Karena akan ada sangsi tegas bagi  oknum pedagang yang menimbun ataupun menaikkan harga melebihi HET pemerintah guna mencari keuntungan tinggi,” tegasnya. Sementara, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional II Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menjamin stok elpiji 3 Kg untuk wilayah Kabupaten OKU Raya aman selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah, bahkan mencukupi hingga Lebaran nanti.

Dia mengatakan, sebagai informasi untuk saat ini konsumsi BBM jenis Gasoil (Solar) di wilayah OKU Raya meliputi tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur & OKU Selatan masih relatif normal dengan rata-rata konsumsi harian sebesar 133 kilo liter (KL) per hari dan konsumsi harian BBM jenis Gasoline (Bensin) sekitar 328 KL per hari.

Sedangkan, untuk elpiji 3 Kg tercatat untuk rata-rata konsumsi harian pada periode Februari 2024 di wilayah OKU Raya sekitar 123 Metrik Ton (MT) per hari.

Untuk memastikan pemenuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memastikan kehandalan operasional dimulai dari terminal BBM dan elpiji, mobil tangki hingga SPBU dan SPBE.

Pihaknya menyiagakan pula pasokan elpiji fakultatif yakni pasokan tambahan yang sewaktu-waktu dilakukan sesuai kebutuhan.

“Kami tetap mengamankan pasokan elpiji agar tidak terjadi kelangkaan di pasaran khususnya pada momen bulan suci Ramadhan hingga Lebaran nanti,” tegas dia.

Pertamina juga siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menyiapkan berbagai kemudahan baik dalam penyaluran BBM dan elpiji serta memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Dalam upaya mendistribusikan BBM dan elpiji subsidi ke masyarakat, Pertamina siap bersinergi bersama pemerintah daerah dan aparat penegak hukum dalam rangka melakukan pengawasan dan penertiban kepada masyarakat serta pengamanan penyaluran selama Ramadhan tahun ini.

“Sinergi ini sebagai langkah kami untuk terus menyalurkan BBM dan elpiji khususnya produk subsidi dengan lancar dan dapat diterima oleh masyarakat yang berhak,” tegasnya.

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!