Pemprov Sumsel kirim bantuan sembako untuk korban banjir di Muratara

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan sembako, selimut & tenda untuk korban banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) M Iqbal Alisyahbana dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Sabtu, mengatakan bantuan yang diberikan ini terdiri atas 600 paket sembako, selimut, dan tenda.

Selain itu, sejumlah petugas juga dikerahkan untuk memberikan trauma healing sebagai langkah rehabilitasi yang tepat bagi para korban bencana untuk memulihkan diri pascabencana.

“Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel juga telah menyalurkan obat-obatan untuk warga termasuk petugas kesehatan untuk trauma healing guna membantu pemulihan psikologis warga khususnya anak-anak,” ujarnya.

Mengatakan pihaknya telah memberikan langsung bantuan tersebut ke Kantor BPBD Kabupaten Muratara. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Muratara Ahmad Inyatullah dan jajaran.

“Sesuai dengan instruksi Pj Gubernur Sumsel, kami telah sampaikan bantuan ke Muratara diterima langsung oleh Wakil Bupati, Kepala BPBD Muratara. Bantuan yang disalurkan ini merupakan bentuk perhatian Pemprov Sumsel kepada warga terdampak banjir.

Ia menjelaskan bencana banjir ini dipicu curah hujan yang tinggi di wilayah Muratara. Saat ini terdapat enam kecamatan yang terdampak, yaitu Ulu Rawas, Rawas Ulu, Karang Jaya, Rupit, Karang Dapo, dan Rawas Ilir.

“Kerugian akibat banjir ini belum dapat ditaksir, masih dalam penghitungan petugas BPBD Muratara. Namun, yang jelas dalam laporan terdapat delapan jembatan gantung putus,” ujarnya.

Selain merendam permukiman warga, banjir juga menggenangi kebun milik warga. Selain itu, ribuan ekor hewan ternak milik warga yang terdiri atas kerbau, sapi, kambing, dan domba juga ikut terdampak bencana banjir.

Iqbal meminta masyarakat Sumsel yang bermukim di daerah rawan bencana agar tetap waspada, terutama yang berdomisili di sekitar bantaran sungai, mengingat prakiraan BMKG curah hujan masih tinggi selama Januari 2024.

“Musim hujan seperti sekarang ini. Kita terus ingatkan warga yang berdomisili di daerah rawan bencana yang ada di sekitar bantaran sungai agar tetap waspada banjir bandang utamanya pada malam hari,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Muratara Ahmad Inayatullah mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur yang telah memberikan bantuan kepada warga Muratara yang terdampak banjir.

“Terima kasih atas bantuan & perhatian Pj Gubernur yang telah memberikan bantuan untuk warga Muratara yang terdampak banjir,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*