Kapolres OKU ajak insan pers jaga independensi di tahun politik

Baturaja – Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, AKBP Arif Harsono mengajak insan pers yang bertugas di daerahnya untuk menjaga independensi dan berpedoman pada kode etik dalam menjalankan tugas jurnalistik, terlebih menjelang tahun politik.

“Terutama dalam menghadapi pesta demokrasi 2024 mendatang peran pers diharapkan tetap netral dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat OKU,” kata Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono dalam acara memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, pers dituntut memiliki kesadaran dalam memainkan perannya dan bisa membendung pembelahan sosial seperti memilih narasumber yang berkompeten dan bertanggungjawab.

Media berperan penting dalam menyampaikan informasi sesuai fakta di tengah perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini.

“Media harus netral dalam memberikan informasi yang baik dan berimbang kepada masyarakat sehingga proses Pemilu 2024 di Kabupaten OKU dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Dalam peringatan Hari Pers Nasional tahun ini, Kapolres pun berharap agar sinergitas antara Polri dan awak media yang sudah berjalan baik selama ini dapat selalu terjaga.

“Pada momen yang baik ini saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2023. Semoga pers senantiasa menjadi garda terdepan dalam mencerahkan masyarakat sebagai pilar keempat demokrasi dan berkomitmen bersama-sama membangun Kamtibmas di wilayah hukum Polres OKU,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OKU, Muhammad Wiwin mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres OKU yang telah meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dengan awak media pada momen HPN tahun ini.

Selain itu, Wiwin pun meminta perlindungan pers kepada pihak kepolisian dari ancaman oknum yang dengan sengaja menghalangi tugas jurnalistik di lapangan.

“Karena pers menjadi pilar keempat dalam hal pembangunan, baik lokal maupun nasional yang dilindungi oleh hukum,” ujar Wiwin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*