Ratusan rumah warga di OKU Selatan dilanda banjir

Muaradua – Ratusan rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Sumatera Selatan dilanda bencana banjir akibat luapan Sungai Saka dan Selabung hingga mengganggu aktifitas masyarakat di daerah itu.

“Curah hujan tinggi tadi malam sekitar pukul 23.42 WIB menimbulkan banjir yang melanda beberapa desa di OKU Selatan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan Heri Pramono di Muaradua, Kamis.

Dia menjelaskan, daerah yang terkena dampak banjir meliputi Desa Simpang Pendagan, Talang Bandung, Kelurahan Kisau, Desa Tekanan, Tanjung Sari, Negeri Batu, dan Desa Madura.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun akibat bencana alam tersebut tercatat sekitar 244 rumah warga terendam banjir, dengan ketinggian air antara 30 centimeter hingga satu meter. “Saat ini kami masih mendata korban banjir dan fasilitas umum apa saja yang terdampak bencana,” katanya.

BPBD OKU Selatan telah menurunkan puluhan personel ke lokasi bencana alam guna membantu mengevakuasi barang berharga milik warga dari banjir.

Pihaknya pun melakukan kaji cepat lintas sektor guna mengantisipasi banjir susulan supaya bencana alam tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Pada kesempatan tersebut, Heri mengimbau masyarakat terutama yang bermukim di sekitar bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana susulan.

“Bencana alam dapat terjadi kapan saja sehingga harus diantisipasi sedini mungkin agar tidak menimbulkan kerugian materi dan korban jiwa,” katanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*