OKU luncurkan inovasi Duta Sijempol Sadar cegah kanker payudara

Ketua TP PKK OKU, Zwesty Karenia Teddy di Baturaja, Kamis mengatakan bahwa inovasi Duta Sijempol Sadar adalah duta yang siap jemput bola untuk melaksanakan gerakan sayangi payudara dan rahim.

Inovasi ini diluncurkan menindaklanjuti maraknya kasus kanker rahim atau serviks serta kanker payudara yang menyerang kaum wanita, bahkan tak jarang menyebabkan kematian.

“Seperti kasus beberapa waktu lalu seorang warga OKU ada yang mengalami kanker payudara yang sangat memprihatinkan,” katanya.

Oleh sebab itu, inovasi tersebut diluncurkan untuk mencegah penyakit kanker payudara dan rahim agar tidak dialami oleh kaum wanita di wilayah itu.

Dalam inovasi ini masyarakat diedukasi oleh duta sijempol dengan cara jemput bola sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap penyakit yang tergolong berbahaya tersebut.

Disebutkannya, ketidaktahuan masyarakat terhadap tanda-tanda penyakit itu menyebabkan tidak sedikit perempuan yang terlambat mengetahuinya hingga baru diketahui saat kanker sudah akut.

Dengan adanya inovasi diharapkan perempuan-perempuan di OKU bisa mendeteksi sedini mungkin gejala kanker sehingga penanganannya akan lebih dini atau cepat ditangani secara medis.

“Harapan kami dengan adanya Duta Sijempol Sadar ini bisa mencegah dan menekan angka kematian pada wanita akibat kanker payudara, rahim dan serviks di OKU,” ujarnya.

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!