690 unit rumah warga Kabupaten OKU Timur dapat bantuan bedah rumah

Martapura РSebanyak 690 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan  mendapat bantuan bedah rumah gratis melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat.

“Ada sebanyak 690 unit rumah warga yang tersebar di beberapa kecamatan antara lain Kecamatan Belitang, Madang Raya, Buay Madang Timur, Madang Suku I dan Semendawai Timur akan kami bedah tahun ini,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKU Timur, Danan Rachamat di Martapura, Senin.

Dia mengatakan, program BSPS dari Kementerian Pekerjaan Umum dan dan Perumahan Rakyat ini untuk membantu masyarakat kurang mampu agar memiliki rumah yang layak ditempati.

“Dalam program ini pemerintah memberikan bantuan untuk biaya membeli material bangunan, termasuk upah tukang,” ujarnya.

Adapun kriteria warga penerima bantuan tersebut antara lain memiliki hak milik atas tanah dan rumah yang sedang ditempati memang benar-benar layak untuk dibedah.

“Pemkab OKU Timur juga bekerja sama dengan Baznas OKU Timur melakukan kegiatan Gerakan Bedah Rumah (GERABAH) yang dilaksanakan di setiap kecamatan,” ujarnya.

Berdasarkan data, sejak tahun 2020 tercatat lebih dari 10 ribu unit rumah warga tidak layak huni yang sudah dibedah sehingga masyarakat kurang mampu di wilayah itu saat ini memiliki hunian yang layak ditempati.

“Rinciannya di tahun 2020 sebanyak 9.564 unit, 708 unit pada 2021 dan 690 unit tahun ini,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*