Vaksin Moderna Vs Pfizer, Ini yang Lebih Kuat Lawan Corona Varian Delta

Jakarta – Sejumlah vaksin COVID-19 menunjukkan penurunan efektivitas dalam melawan infeksi virus Corona varian Delta (B1617.2). Namun, vaksin tetap efektif dalam memberikan perlindungan agar pasien tidak mengalami sakit yang parah ketika terkena penyakit tersebut.

Dikutip dari Reuters, vaksin COVID-19 dengan teknologi mRNA, seperti vaksin Moderna dan Pfizer disebut memiliki efektivitas yang paling kuat dalam melawan infeksi varian Delta.

Meski demikian, vaksin Moderna tampaknya memiliki efektivitas yang lebih baik, dibandingkan vaksin Pfizer, dalam mencegah varian Delta. Hal ini dibuktikan dalam beberapa studi ilmiah tentang efektivitas vaksin COVID-19 di ‘dunia nyata’.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 50.000 pasien di Mayo Clinic Health System, para peneliti menemukan efektivitas vaksin Moderna mengalami penurunan menjadi 76 persen pada Juli 2021, ketika varian Delta mendominasi kasus penularan.

Sedangkan efektivitas vaksin Pfizer mengalami penurunan menjadi 42 persen dari 76 persen, dalam periode waktu yang sama. Meski begitu, kedua vaksin tetap efektif dalam mencegah rawat inap akibat COVID-91.

Menurut pemimpin studi tersebut, Dr Venky Soundararajan, kemungkinan pemberian booster vaksin moderna diperlukan bagi mereka yang mendapatkan vaksin Pfizer dan Moderna pada awal tahun ini.

Kemudian dalam studi terpisah, penghuni panti jompo di Ontario, Kanada, menghasilkan respons kekebalan yang lebih kuat dalam mencegah infeksi varian virus Corona yang mengkhawatirkan setelah menerima vaksin Moderna, dibandingkan vaksin Pfizer.

 

sumber : detik.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*