UPDATE Ranking BWF Pasca India Open 2022: Teror Loh Kean Yew, Fajar/Rian Anjlok, Minions Digdaya

Berikut ini perkiraan update ranking BWF selepas turnamen India Open 2022 per hari ini, Selasa (18/1/2022).

Ancaman nyata diperlihatkan oleh Loh Kean Yew yang secara perlahan mendekati ranking sepuluh besar dunia di sektor tunggal putra.

Keberhasilan pebulu tangkis asal Singapura itu menjadi finalis India Open membuat ia naik peringkat lagi ke posisi 12.

Sementara itu, pergolakan kecil mewarnai ranking dunia sektor ganda putra yang diisi tiga wakil Indonesia di top 10 dunia.

Pergolakan dialami pasangan Fajar Alfian/Rian Ardianto yang semakin anjlok rankingnya lantaran turun sampai posisi kesembilan.

Beda dengan duet Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang semakin tak tersentuh sebagai pasangan ganda putra terbaik dunia saat ini.

Posisi pasangan berjuluk Minions itu diikuti oleh Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan yang berada pada urutan kedua di ranking dunia ganda putra.

Sementara itu, tiga sektor lainnya tidak ada perubahan sama sekali di tangga ranking 10 besar dunia.

Sektor Tunggal Putra – Teror Leoh Kean Yew Ancam Persaingan 10 Besar Dunia

Performa luar biasa diperlihatkan oleh pebulu tangkis andalan Singapura yang bermain di sektor tunggal putra, Loh Kean Yew.

Setelah menisbatkan diri sebagai pemenang utama Kejuaraan Dunia BWF 2021, Loh Kean Yew kembali mencicipi partai final di India Open 2022.

Meskipun harus puas menyegel status runner-up, prestasi tersebut tetap memberikan dampak signifikan bagi Loh Kean Yew.

Jika menelisik lebih dalam ternyata sebelum menjadi juara dunia, Loh Kean Yew tercatat hanya berada di urutan 24 dunia.

Kenaikan drastis dirasakan Loh Kean Yew setelah menjadi juara dunia dengan naik delapan peringkat ke urutan 15.

Terbaru, Loh Kean Yew akan kembali naik peringkat setelah menjadi finalis ajang India Open 2022.

Loh Kean Yew akan menyodok ranking 12 dunia, keberadaannya pun semakin mengancam peta persaingan tunggal dunia pada tahun ini.

Sektor Ganda Putra – Efek Kemenangan Rankireddy/Chirag Turunkan Fajar/Rian, Minions Tak Tersentuh

Kemenangan brilian yang diraih oleh pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty memenangkan gelar India Open 2022 menuai dampak positif bagi keduanya.

Keberhasilan keduanya mengalahkan Mohamad Ahsan/Hendra (Indonesia) pada laga final membuat pasangangan India itu mengalami kenaikan peringkat.

Pasangan Rankireddy/Shetty naik dua peringkat menggeser Kim Astrup/Andres Skraarup Rasmussen (Denmark) dan Fajar Alfian/Rian Ardianto (Indonesia).

Terbaru, keduanya akan menempati posisi kedelapan dunia, mengambil alih posisi yang sebelumnya ditempati pasangan Fajar/Rian.

Turunnya posisi Fajar/Rian seakan menjadi warning tersendiri bagi keduanya yang terus mengalami penurunan lantaran kekeringan gelar atau prestasi yang mereka lakoni.

Sementara itu, tidak ada perubahan signifikan di peringkat teratas sektor ganda putra dimana dua jagoan Indonesia masih nyaman berada di tempatnya.

Pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang absen berlaga dalam ajang kejuaraan dunia BWF masih aman posisinya di ranking teratas.

Posisi ganda putra berjuluk Minions itu diikuti oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang juga belum tergoyahkan di urutan kedua.

Salah satu ancaman sektor ganda putra adanya sosok Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang mampu menampilkan performa menjanjikan tahun ini.

Keberhasilan keduanya memenangkan gelar BWF World Tour Final dan Kejuaraan Dunia membuat pasangan asal Jepang itu menjadi ancaman nyata.

Sektor Tunggal Putri, Ganda Putri, dan Ganda Campuran

Tidak ada perubahan signifikan yang mewarnai ranking dunia di ketiga sektor tersebut, namun persaingan poin terlihat cukup ketat.

Di sektor tunggal putri, sosok Tai Tzu Ying (Taiwan) masih menjadi primadona utama dengan menempati ranking tertinggi.

Pebulu tangkis asal Taiwan itu sejauh ini masih duduk nyaman di ranking teratas BWF sektor tunggal putri.

Tai Tzu Ying tercatat telah mengoleksi total 108.800 poin, unggul 3000an poin dari Akane Yamaguchi selaku runner-up.

Dengan koleksi 108.800 poin, Tai Tzu Ying menjadi pebulu tangkis tunggal putri yang berhasil mencetak angka tertinggi dalam sejarah pemeringkatan BWF.

Tak hanya itu saja, Tai Tzu Ying juga memperpanjang rekor terlama bisa mempertahankan posisi teratas selama 195 pekan.

Dua rekor baru itupun seakan membuktikan bahwa Tai Tzu Ying merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik dalam beberapa tahun terakhir di sektor tunggal putri.

Sementara itu, sektor ganda putri masih dikuasai oleh pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Untuk ranking ganda campuran, pasangan Dechapol/Sapsiree masih duduk nyaman di puncak, diikuti duo China yang mengintai dibawahnya.

*Keterangan:

Update ranking dunia di laman resmi BWF baru akan diperbarui sepekan setelah turnamen India Open 2022

 

 

 

 

sumber : tribun.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*