Sosialisasi PSC 119 Kabupaten OKU

Baturaja – Walaupun Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten OKU sudah ada sejak tahun 2019, akan tetapi untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Kabupaten OKU perlu disosialisasikan lagi melalui berbagai media, salah satu diantaranya melalui siaran radio. Hal ini terutama ditujukan bagi masyarakat Kabupaten OKU yang tidak dapat mengakses informasi ini melalui internet. Sehingga layanan PSC 119 tidak hanya dinikmati oleh masyarakat di kota Baturaja saja, akan tetapi juga dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten OKU yang memerlukan bantuan kegawatdaruratan.

Bertempat di Radio Sukses Baturaja, Kamis (14/1/2021) , Dinas Kesehatan Kabupaten OKU melakukan sosialisasi tentang Layanan PSC 119 Kabupaten OKU dan aplikasi Sumsel Tanggap Masyarakat. Sosialisasi tersebut dilaksanakan melalui frekuensi pancar Radio Sukses Baturaja dalam acara Talkshow Dinas Kesehatan “ Kita Sehat OKU Sehat”. Materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Bapak H.M Ali Sadikin,SKM selaku Koordinator PSC 119 Kabupaten OKU dengan di pandu Emelia Fitriani,S.Si dan Tari Yenikawari,SKM.

Berdasarkan PMK RI no 19 tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu menjadi cikal bakal terbentuknya PSC  119 Kabupaten OKU yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati OKU  Nomor 44 tahun 2018. Pusat Pelayanan Kesehatan Terpadu/ Publik Safety Center ( PSC) adalah pusat pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan yang berada di kabupaten / kota yang merupakan ujung tombak pelayanan untuk respon cepat.

PSC 119 Kabupaten OKU  yang beralamat di Jl. Jend.A.Yani km 7 Kelurahan Kemelak Bindung Langit Baturaja merupakan wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat dan cermat bagi masyarakat Kabupaten OKU. Pelayanan diselenggarakan selama 24 (dua puluh empat ) jam sehari secara terus menerus dengan kesiapsiagaan petugas medis yang sudah terlatih dan gratis bagi seluruh masyarakat Kabupaten OKU yang membutuhkan. Fungsi  PSC 119 adalah sebagai :

  1. Pemberi  pelayanan korban/pasien gawat darurat dan atau pelapor melalui proses triase ( pemilihan kondisi korban / pasien gawat darurat) :
  2. Pemandu pertolongan pertama (first aid);
  3. Pengevakuasi korban / pasien gawat darurat dan
  4. Pengoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan.

Pelayanan kegawatdaruratan yang dapat diterima dari informasi masyarakat adalah  kegawatdaruratan medis berupa kegawatdaruratan akibat kecelakaan, kejadian bencana atau penyakit .  Untuk itu masyarakat dapat mengakses layanan PSC 119 melalui :

  1. Call center : 119
  2.  telpon seluller : 08117280119
  3. Aplikasi Sumsel Tanggap Masyarakat yang dapat didownload melalui app- store dengan menggunakan Hp android.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*