Segera Jadi Panglima-TNI, Ini Karir Jenderal Andika

Jakarta: Jenderal TNI Andika Perkasa akan segera ditetapkan sebagai Panglima TNI pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Tidak hanya terkenal dengan kegagahannya, dalam jenjang karirnya Andika cukup terkenal gemilang di berbagai bidang.

Jenderal Andika merupakan salah satu prajurit TNI yang memiliki jenjang pendidikan tinggi. Bahkan ia dempat menyandang gelar doktor dari kampus luar negeri pada zamannya.

Pria kelahiran Bandung 21 Desember 1964 ini diketahui merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1987. Pada saat itu ia menjabat di pucuk pimpinan TNI AD sebagai KSAD pada 22 November 2018.

Banyak orang tidak mengetahui jika pengalaman karier militer Jenderal Andika Perkasa yang dikenal ramah ini ternyata mengawali dari korps baret merah (Kopassus). Walaupun ia berkarier di TNI, Andika tentu memiliki gelar pendidikan tinggi, bahkan tiga gelar S2.

Tidak hanya itu, Perwira tinggi TNI ini juga merupakan satu-satunya nama usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain di calonkan menjadi Panglima, pria bertubuh kekar ini juga pernah menjabat sebagai Kadispenad yakni sebagai Danpaspamres pada 2014 dan Pangdam Tanjungpura di 2016 ketika pangkatnya masih mayor jenderal (mayjen) TNI.

Bahkan terdapat pula sebuah video yang memperlihatkan KSAD Andika Perkasa terima penghargaan dari AS Jabatan Jenderal TNI Andika pernah menuai pujian pada 2018.

Ketika itu ia menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Lalu beberapa bulan kemudian diangkat menjadi KSAD berpangkat jenderal.

 

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*