Populasi ikan di Sungai Ogan Kabupaten OKU meningkat

Baturaja, Populasi ikan air tawar seperti Baung dan Jelawat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mulai meningkat berkat adanya program penebaran benih ikan di Sungai Ogan yang dilakukan Dinas Perikanan wilayah setempat sejak 2017.

“Sejak ada program restocking atau penebaran benih ikan itu, akhirnya ikan Baung dan Jelawat yang sebelumnya sempat nyaris punah kini kembali banyak ditemukan di Sungai Ogan,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Ogan Komering Ulu (OKU), Tri Apriningsih didampingi Kabid Pemberdayaan Perikanan, Farida Hanim di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, kegiatan restocking tersebut rutin dilakukan sejak 2017 dengan total benih ikan yang telah dilepas di perairan Sungai Ogan yaitu sebanyak 628.200 ekor guna menambah populasi ikan di Sungai Ogan agar tetap lestari sehingga hasil panen ikan dapat dinikmati masyarakat di wilayah itu.

“Restocking bertujuan untuk meningkatkan populasi dan produksi ikan lokal yang sebelumnya mengalami penurunan akibat penangkapan secara ilegal,” jelasnya.

Sayangnya lanjut Tri, sejak COVID-19 melanda Indonesia, program restocking itu terpaksa dihentikan pada 2021 karena anggarannya dipangkas pemerintah pusat untuk mengatasi pandemi tersebut.

“Tak hanya dari pusat, dana APBD OKU untuk kegiatan restocking juga dipangkas,” kata dia.

Namun pada 2022, Tri mengaku pihaknya telah mendapat anggaran dari APBD OKU untuk pengadaan 25 ribu ekor benih Ikan Patin guna ditebar di Sungai Ogan.

Bahkan, Diskanak OKU juga telah menyiapkan proposal bantuan benih ikan untuk disampaikan ke Kementrian Perikanan RI dengan harapan program restocking yang sempat tertunda tahun lalu bisa dilanjutkan kembali.

“Bibit ikan yang akan kami minta yaitu jenis Patin, Jelawat dan Baung. Kalau berkaca pada 2020 silam jumlahnya dikisaran 300 ribu ekor. Untuk tahun ini belum tahu berapa banyak yang akan diterima dari Kementerian Perikanan RI. Mudah-mudahan saja dananya tidak dipangkas lagi,” ujar dia.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*