Pemerintah Akan Putuskan Nasib PPKM Hari Ini

Jakarta – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level di Jawa-Bali dan beberapa daerah di luar dua pulau tersebut akan berakhir hari ini, Senin (23/8). Nasib PPKM di Jawa-Bali dan daerah lainnya bakal diputuskan oleh pemerintah malam nanti.

Pemerintah telah menerapkan PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali selama lima pekan terakhir. Kebijakan ini diterapkan karena kasus Covid-19 yang melonjak sejak akhir Juni hingga Juli 2021.

Selama PPKM berbasis level ini diterapkan di Jawa-Bali, ada tren penurunan kasus positif Covid-19 harian, khususnya di DKI Jakarta.

Presiden Jokowi mengatakan, virus corona sangat sulit diprediksi. Karena itu pihaknya meminta semua pihak berhati-hati, meskipun dalam beberapa waktu terakhir terjadi penuruan kasus dan  penurunan BOR (bed occupancy rate/keterisian tempat tidur) di sejumlah wilayah.

“Jangan sampai ada varian baru datang karena bermutasi dan kita tidak waspada, tahu-tahu meledak menjadi jumlah yang sangat banyak,” kata Jokowi di Madiun, Kamis (19/8/2021).

Melansir covid19.go.id pada Minggu (22/8/2021) pukul 11.30 WIB, terkonfirmasi sebanyak 3.967.048 kasus positif, dengan 3.522.048 telah sembuh dan 125.342 meninggal dunia.

Melihat dampak positif itu, pemerintah mulai membuka sejumlah aktivitas kegiatan di beberapa kota besar. Rincian pembukaan aktivitas tersebut tertera dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa Bali.

Dalam Inmendagri tersebut, sejumlah daerah dengan PPKM Level 4 diizinkan membuka kegiatan di pasar rakyat yang menjual nonkebutuhan sehari-hari, pusat perbelanjaan atau mal, dan aktivitas makan di tempat dengan beberapa ketentuan.

 

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*