Pakai Peci dan Bersarung, Jokowi Akan Hadiri Pengukuhan Pengurus Besar NU di Balikpapan Hari Ini

Jakarta Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan kunjungan kerja, Senin (31/1/2022). Dia dijadwalkan untuk menghadiri pengukuhan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027 di Balikpapan.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Kalimantan Timur de menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 07.00 WIB. Dia tampak mengenakan setelan jas dan peci, serta sarung bermotif hijau merah lepas landas

Setibanya di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Kota Balikpapan, Jokowi diagendakan langsung menuju Balikpapan Sport and Convention Center. Di lokasi itu, dia untuk menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Besar NU Masa Khidmat 2022-2027 dan Harlah Ke-96 NU.

Usai acara tersebut, dia akan bergerak menuju Pasar Sepinggan Kecamatan Sepinggan Kota Balikpapan. Jokowi direncanakan untuk menyerahkan bantuan langsung tunai bagi para pedagang.

Jokowi kemudian akan memimpin rapat terbatas evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Kota Balikpapan, sebelum lepas landas kembali ke Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengumumkan nama-nama pengurus NU periode 2022-2027. Mantan Ketum PBNU Said Aqil Siradj, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk kepengurusan Gus Yahya.

Dia mengatakan kepengurusan baru tersebut akan mulai berlaku pada 12 Januari 2022. Gus Yahya menyebut kepengurusannya mengakomodir pihak-pihak dari berbagai daerah dan latar belakang.

Tokoh Perempuan di Struktur PBNU

Tak hanya itu, Gus Yahya juga memasukkan sejumlah tokoh perempuan dalam jajaran pengurus besar NU. Ini merupakan pertama kalinya sejak Nahdlatul Ulama didirikan tahun 1926, PBNU memasukkan pengurus perempuan ke struktur kepengurusan.

Sejumlah tokoh perempuan yang masuk kepengurusan PBNU yakni, Nyai Nafisah Sahal Mahfudz, Istri Presiden keempat RI, Nyai Sinta Nuriyah Abdurahman Wahid, dan Nyai Mahfudloh Ali Ubaid. Mereka masuk ke jajaran Mustasyar.

Selain itu, di jabatan A’wan di ada Nyai Nafisah Ali Masum, Nyai Badriyah Fayumi; serta Nyai Ida Fatimah Zaenal. Kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Putri Gus Dur Alissa Qotrunnada Wahid didapuk sebagai Ketua.

“Ada masalah-masalah besar terkait isu perempuan. Kita ajak tokoh perempuan yang paling tangguh dan kuat, seperti ibu Khofifah yang nanti akan kita andalkan juga Ibu Alissa,” jelas Gus Yahya dalam konferensi pers, Rabu 12 Januari 2022.

Dalam kepengurusan ini, Gus Yahya juga memasukkan sejumlah Politikus. Ada Politukus Partai Gokkar Nusron Wahid yang menjabat Wakil Ketua Umum hingga Politikus PDI Perjuangan Mardani Maming yang menjadi Bendahara Umum.

 

 

 

 

 

sumber : liputan6.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*