Lebih Berkembang Tanpa Salah, Liverpool Akan Menjualnya?

Jakarta: Mampu raih peringkat dua top skor Liga Inggris dan menjadi pecetak gol terbanyak Liverpool musim ini, Mohamed Salah rupanya hanya akan jadi beban Jurgen Klopp, karena permainan The Reds menjadi berpusat padanya. Oleh karenanya, eks penjaga gawang The Reds, David James menyarankan bahwa Liverpool harus berani menjual Salah.

Liverpool mengakhiri musim ini tanpa raihan gelar sama sekali. Menurut James, hal tersebut sedikit banyak disebabkan oleh Salah yang membuat The Reds terlalu bergantung pada pemain 28 tahun tersebut, dan menilai bahwa permainan LIverpool akan jauh lebih berkembang tanpa Salah.

“Saya mengakuinya, ini bukan soal Mo Salah tak layak sebagai pemain terbaik karena statistiknya sudah berbicara. Mirip dengan pencapaian Sergio Aguero kala Manchester City dilatih Pep Guardiola. Tapi tidak boleh begini terus,” ucap James dilansir Sport Bible, Kamis (27/5/2021).

“Saya pikir Jurgen Klopp terlalu mengandalkan Salah seorang, hal ini bisa berimbas sifat cair Liverpool rusak oleh sang pemain. Lihat Tottenham contohnya, punya pemain hebat tapi minim gelar. Salah harus dijual untuk beli pemain anyar,” ungkapnya.

“Di mata saya, dia mungkin berada di urutan kedua dalam perolehan Sepatu Emas, tapi saya pikir Liverpool sebenarnya bermain lebih baik tanpa Salah,” ujar James.

“Peluang bagi Liverpool untuk mungkin menguangkan Salah… seperti yang Anda katakan, [Diogo] Jota kemudian secara alami cocok dengan tiga penyerang itu, [Roberto] Firmino mendapatkan lebih banyak kebebasan,” lanjutnya.

“Ya, besok. Saya akan melakukannya sekarang. Ini bukan tentang Mo Salah yang tidak menjadi pemain bagus, rekor golnya berbicara dengan sendirinya,” tutur James.

“Mirip dalam statistik dengan pemain seperti [Sergio] Aguero, di mana Pep Guardiola dapat melihat Man City dan tidak membutuhkan Aguero,” imbuhnya,” tambahnya.

“Saya pikir fluiditas Liverpool dikompromikan oleh Salah, meskipun dia mencetak gol.” pungkasnya.

Semenjak didatangkan dari AS Roma 2017 lalu, sepak terjang The Egyptian King langsung melejit dan menjelma menjadi salah satu striker paling produktif di dunia. Sudah empat tahun berseragam merah, ia sudah menyumbang total 125 gol dalam 203 pertandingan.

Musim ini pun demikian, catatkan 22 gol sepanjang kompetisi Liga Inggris 2020-2021, ia hanya selisih dua gol dari takhta top skor yang dimiliki striker Tottenham Hotspur, Kane. Statistiknya jauh dari rata-rata rekan setimnya di Anfield.

Sebut saja Sadio Mane,yang notebene salah satu andalan skuat The Reds mencetak 11 gol. Sementara Roberto Firmino dan Diogo Jota yang berperan di lini depan hanya mampu cetak sembilan gol saja sepanjang musim ini.

Statistik mengerikan tersebut tentu saja bisa membuat Mohamed Salah kebal jual. Tapi pendapat berbeda datang dari mantan kiper klub, David James yang mendesak agar sang bintang dijual Jurgen Klopp untuk dapatkan pemain lebih kompeten.

Lebih lanjut, James pun memberi saran kepada Liverpool untuk segera menjual Salah pada musim panas ini mumpung nilai jual sang bintang masih sangat tinggi di pasaran.

Sang penyerang berusia 28 tahun ini sendiri memang dirumorkan bakal hengkang dari Merseyside dengan potensir tujuan antara Barcelona atau Real Madrid. Rumor ini sendiri sudah mulai beredar sejak beberapa bulan terakhir.

Punya harga pasar 110 juta euro (Rp1,9 triliun) nampaknya sudah cukup pantas buat Jurgen Klopp menguangkan Mohamed Salah di jendela transfer. Datangkan penyerang baru, ia bisa saja membawa Liverpool kembali meraih kampium juara Liga Inggris sekali lagi.

 

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*