Kronologi Pembatalan Laga Timnas Indonesia, Tiba-tiba Disuruh Balik ke Hotel

Timnas U22 Indonesia gagal melakoni laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United.

Timnas U22 Indonesia semula dijadwalkan menjalani dua pertandingan uji coba pada tanggal 3 dan 5 Maret 2021.

Skuad Garuda Muda lebih dulu akan menjalani pertandingan kontra Tira Persikabo pada Rabu (3/3/2021) kemarin pukul 20.00 WIB di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Namun, semuanya batal karena masalah perizinan yang belum dikantongi pihak PSSI.

Pemain sudah tiba di lokasi Sebelum laga dibatalkan, para pemain timnas U22 Indonesia dan Tira Persikabo sudah tiba di Stadion Madya.

Media Officer Tira Persikabo, Nandang Permanan, mengungkapkan bahwa timnya diminta menunggu lebih dulu. Namun, setelah parkir selama 30 menit, mereka justru dipersilakan kembali ke hotel.

“Sudah sampai stadion, (kami) diarahkan parkir. Parkir 30 menit, tiba-tiba disuruh kembali ke hotel. Kami tidak tahu karena apa pembatalan ini,” ujar Nandang Permana.

Pernyataan kepolisian

Pihak Kepolisian lalu memberikan pernyataan soal pembatalan laga uji coba timnas U22 Indonesia vs Tira Persikabo.

Diungkapkan Kapolsek Metro Tanah Abang, AKBP Singgih Hermawan, panitia penyelenggara baru meminta izin kepada kepolisian kemarin.

Hal tersebut menyebabkan izin laga uji coba belum keluar hingga satu jam sebelum kick-off dan laga harus dibatalkan.

Pihak kepolisian sendiri mengaku sudah datang dari sore hari untuk mengamankan pertandingan bersama dengan Satgas Covid-19.

“Rancana sparring timnas dan Tira Persikabo hari ini tidak kami izinkan karena belum ada izinnya,” kata Singgih Hermawan kepada KOMPAS.com.

“Sampai Maghrib pukul 6 dan setengah 7 belum ada izin (Mabes Polri) keluar dari panitia.

Kami tanyakan ke panitia mereka sudah bersurat, tetapi baru hari ini (kemarin) sehingga izinnya belum keluar.”

“Ada rencana kegiatan yang harus kami amankan. Satgas Covid Kecamatan Tanah Abang harus datang saat kegiatan. Sudah dipastikan datang,” ujarnya.

AKBP Singgih juga berbicara mengenai kedua tim yang sudah datang ke area Stadion Madya dan bahkan harus menunggu di lapangan parkir selama kira-kira setengah jam.

“Kami sampaikan ke panitia. Karena izinnya belum keluar, kami larang kegiatan. Kami sampaikan untuk para pemain agar pulang,” ucapnya.

Pernyataan PSSI Pernyataan AKBP Singgih Hermawan soal perizinan itu diaminkan oleh pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Yunus Nusi mengakui PSSI mengirim surat izin coba timnas U22 Indonesia vs Tira Persikabo secara dadakan kepada Mabes Polri.

“PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan,” ujar Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI.

“Mungkin karena izin kami ( PSSI) terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin.”

“PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan,” kata Yunus Nusi.

Timnas U22 Indonesia vs Bali United ikut batal Setelah laga melawan Tira Persikabo, agenda uji coba timnas U22 Indonesia vs Bali United juga dipastikan batal.

Bali United sedianya akan bertolak ke Jakarta pada hari ini, Kamis (4/3/2021), pagi waktu setempat melalui jalur udara.

Sehari setelahnya atau Jumat (5/3/2021) besok, giliran Bali United yang bakal menjajal kekuatan timnas U22 Indonesia.

Namun, laga timnas U22 kontra Tira Persikabo yang batal membuat Bali United turut membatalkan keberangkatan mereka ke Jakarta. Manager Bali United, Michael Gerald, mengatakan uji coba dibatalkan, tetapi apabil

Manager Bali United, Michael Gerald, mengatakan uji coba dibatalkan, tetapi apabila ada perubahan jadwal nanti akan kembali diinfokan oleh PSSI. “Pertandingan dengan timnas tanggal 5 Maret dibatalkan,” ujar Michael Gerald, seperti dikutip dari laman resmi klub, Rabu (3/3/2021). “Jika diundur ke tanggal lain akan diinfokan lebih lanjut,” Michael Gerald menambahkan.

Manager Bali United, Michael Gerald, mengatakan uji coba dibatalkan, tetapi apabila ada perubahan jadwal nanti akan kembali diinfokan oleh PSSI.

“Pertandingan dengan timnas tanggal 5 Maret dibatalkan,” ujar Michael Gerald, seperti dikutip dari laman resmi klub, Rabu (3/3/2021). “Jika diundur ke tanggal lain akan diinfokan lebih lanjut,” Michael Gerald menambahkan.

Sementara itu, pelatih timnas U22 Indonesia, Shin Tae-yong, berharap laga uji coba ini hanya mengalami penundaan.

Ia menegaskan anak asuhnya membutuhkan pertandingan ini sebagai persiapan menjelang gelaran SEA Games 2021.

“Saya harap ini hanya ditunda. Tim ini butuh uji coba,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari laman resmi PSSI. “Apalagi target PSSI (untuk timnas U22) adalah merebut medali emas pada SEA Games 2021 di Vietnam nanti,” ujarnya lagi.

Adapun PSSI akan terus melakukan koordinasi dengan Mabes Polri untuk menggelar laga uji coba.

Sumber : Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*