Klarifikasi Cita Citata soal Diperiksa KPK sebagai Saksi Kasus Dana Bansos

JAKARTA –Penyanyi Cita Citata akhirnya memberikan klarifikasi setelah diperiksa KPK sebagai saksi kasus korupsi dana Bansos mantan Mensos Juliari Batubara pada 26 Maret lalu.

Pelantun “Sakitnya Tuh Di Sini” tersebut menceritakan reaksinya sejak awal mengetahui ada penangkapan oleh KPK hingga menegaskan berbagai dugaan.

Terdiam saat tahu

Cita Citata menjelaskan ia diundang menyanyi ke acara ramah tamah Kemensos di salah satu hotel di Labuhan Bajo pada November 2020.

Menurut penyanyi kelahiran tahun 1994 itu tak terjadi banyak percakapan di sana. Ia kuga hanya tahu itu merupakan acara Kemensos dan ia menyanyikan delapan lagu.

Seminggu setelah Juliari ditangkap KPK. Cita lalu mengecek grup percakapan dan terkejut sang menteri nonaktif tersebut merupakan salah satu nama yang ia ucapkan terima kasih di acara.

“Terus aku lihat, ‘Hah kok ada dia? Kok sama-sama, sama di media. Aduh’. Aku diam aja. ‘Aduh, aduh, aduh’, diam aja. Ya sudah akhirnya dipanggil ke KPK,” ucap Cita cemas, dikutip dari kanal YouTube Riweuh Paciweuh, Selasa (30/3/2021).

Bilang salah sasaran ke KPK

Cita mengatakan terjadinya ia manggung di Labuhan Bajo tersebut karena Kemensos merekrut Event Organizer (EO) lalu pihak EO menghubungi manajer Cita Citata.

Cita menegaskan ia hanya tahu tugasnya adalah menyanyi.

Dalam pemeriksaan di KPK, Cita pun menjelaskan kepada penyidik bahwa mereka salah sasaran.

“Aku bilang sama penyidiknya, ‘Pak, Bapak salah sasaran. Harusnya yang dipanggil EO-nya kalau enggak manajer saya’. Karena mereka deal, saya nyanyi doang di sana,” ungkap Cita Citata.

Penyebab dipanggil KPK

Cita membenarkan salah satu dari dua pejabat PPK Kemensos (disebut sebagai X) sempat bertemu dan saling berkenalan saat ia manggung di acara dulu.

Ia lalu baru mengetahui penyebab dirinya yang dipanggil, bukan manajernya atau pihak EO.

“Ternyata Bapak X menyebutkan nama Cita Citata pada saat disidang. Makanya Cita juga tanya kenapa enggak panggil manajer, ‘Karena yang dipanggil adalah nama kamu, bukan manajer kamu’,” ujar Cita Citata.

Bantah honor Rp 150 juta

Cita membantah ia menerima honor sebesar Rp 150 juta, sebagaimana disebutkan dalam sidang pada 8 Maret.

Cita mengakui honor manggung offair lebih tinggi daripada di on air (di TV).

“Kalau offair lumayan uangnya, alhamdulillah besar tetapi harganya tidak Rp 150 juta,” ucapnya.

Tak komunikasi dengan tersangka

Cita membenarkan ketika dalam penerbangan sekembalinya dari Labuhan Bajo, ia satu pesawat dengan X.

“Dia minta (nomor kontak) juga, ‘Cita, udah kalau ada apa-apa saya penginnya langsung ke kamu aja ya’. Biar mungkin lebih murah kali atau gimana kan, mikirnya gitu,” tutur Cita Citata.

Meski Cita memberikan nomor pribadinya, ia menegaskan tidak pernah terjadi komunikasi setelahnya.

“Tapi enggak ada kontak sama sekali,” ujar Cita Citata.

 

sumber : kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*