Kasus COVID-19 di Kabupaten OKU tembus 125 orang

Baturaja, Kasus COVID-19 di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan hingga kini menembus angka sebanyak 125 orang warga yang terkonfirmasi terpapar virus Corona.

Sekretaris Satgas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Selasa mengatakan, lonjakan kasus aktif di wilayahnya terus meningkat hingga kini mencapai 125 kasus.

Berdasarkan data per 14 Februari 2022 Kabupaten OKU mencatat sebanyak 1.077 kasus positif, 109 meninggal dunia, 843 sembuh dan 125 orang masih menjalani isolasi mandiri dan beberapa pasien terpaksa dirawat di rumah sakit akibat terpapar virus Corona.

“Untuk dirawat di rumah sakit ada 11 orang masing-masing empat orang di RS DKT Baturaja, lima pasien di RSUD Ibnu Sutowo dan dua pasien lainnya di RS Antonio Baturaja,” katanya.

Menurut dia, jumlah kasus aktif tersebut meningkat drastis dibandingkan periode 11 Februari 2022 yang berjumlah 95 kasus sehingga Kabupaten OKU saat ini berada di zona oranye penyebaran COVID-19.

Peningkatan kasus aktif tersebut disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan 5 M.

Untuk itu, pihaknya akan kembali menggencarkan razia protokol kesehatan di sejumlah tempat keramaian mulai dari pasar tradisional, mall hingga pertokoan guna memastikan prokes diterapkan dengan benar.

“Hal itu dilakukan agar penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto menambahkan, untuk mencegah penyebaran COVID-19 agar tidak semakin menyebar luas pihaknya mengoptimalkan program vaksinasi bagi masyarakat di wilayah itu.

“Karena vaksinasi masih menjadi cara yang ampuh untuk menangkal penyebaran COVID-19,” kata Andi.

Ia menambahkan cakupan vaksinasi di wilayahnya hingga kini baru terealisasi 89,10 persen dosis pertama, 55,93 persen dosis kedua dan vaksinasi penguat (booster) 1,98 persen dari 269.955 target sasaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : antarasumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*