Dramatis! Tahan Imbang Prancis, Portugal Lolos 16-Besar

Jakarta: Timnas Portugal berbagi poin dengan Prancis usai bermain imbang dengan skor 2-2 dalam duel terakhir fase Grup F Euro 2020 di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Hasil imbang ini membuat Portugal lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Portugal lolos mendampingi Prancis dan Jerman dari Grup F.

Dua gol Portugal datang dari penalti Cristiano Ronaldo di menit ke-30 dan ke-60. Prancis sempat berbalik unggul lewat gol-gol Karim Benzema di menit ke-45 dan ke-47.

Portugal juga patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Kapten Selecao das Quinas itu memborong dua gol yang membuat laga Portugal vs Prancis berakhir imbang, karena jika kalah Portugal bisa saja angkat koper terlebih dahulu pada gelaran Euro 2020 kali ini.

Bermain di Puskas Arena, Budapest, Fernando Santos selaku pelatih Portugal memilih untuk mencadangkan Bruno Fernandes yang tak banyak berkontribusi di dua pertandingan perdana, selagi ia tetap mengandalkan Cristiano Ronaldo di depan.

Portugal berinisiatif untuk tampil menyerang sejak awal pertandingan, karena mereka sangat membutuhkan kemenangan dalam pertnadingan kali ini untuk lolos ke babak 16 besar.

Selecao das Quinas cukup percaya diri untuk menguasai menit-menit awal permainan hingga mereka mendapat peluang pertama lewat aksi Cristiano Ronaldo. Sayang, bola yang diarahkan tepat ke kotak penalti lebih dulu disambut dengan tangakapan oleh Hugo Lloris.

Portugal mampu memecah kebuntuan di setengah jam permainan ketika wasit Antonio Mateu asal Spanyol menunjuk titik putih setelah Hugo Lloris melakukan pelanggaran terhadap Danilo Pereira saat hendak menghalau bola.

Ronaldo yang maju sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan mudah saja memperdaya Lloris untuk mencetak golnya yang ke-108 di level internasional.

Tak berhenti sampai di situ, Ronaldo kini menjadi pemain Eropa pertama yang mengemas total 20 gol di dua kompetisi bergengsi seperti Piala Dunia dan Euro. Dalam hal ini, ia mengungguli Miroslav Klose (19), Gerd Muller (18), Jurgen Klinsmann (16) dan Michel Platini (14).

Keunggulan ini membuat pasukan Fernando Santos tampil lebih percaya diri untuk terus membangun serangan. Akan tetapi, Prancis akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat gol penalti Karim Benzema jelang babak pertama usai.

Menit ke-45, Prancis yang mendapatkan hadiah penalti usai Semedo dianggap menjatuhkan Mbappe. Karim Benzema yang bertugas sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas dengan baik untuk membuat skor jadi 1-1. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Usai turun minum, giliran Prancis yang tampil menekan. Babak kedua baru beberapa menit berjalan pasukan Didier Deschamps langsung membalikkan keadaan berkat gol kedua Karim Benzema.

Gol berawal dari Pogba yang melihat pergerakan tanpa bola dari Benzema. Gelandang Manchester United itu langsung mengirimkan umpan terobosan yang berhasil dimanfaatkan dengan baik menjadi gol.

Gol Benzema sempat dianulir karena dianggap offside, tetapi wasit mengesahkan gol penyerang Real Madrid itu setelah melalui proses meninjau Video Assistant Referee (VAR). Prancis memimpin 2-1 atas Portugal.

Gol ini langsung meningkatkan tempo permainan. Jual-beli serangan terjadi, kekuatan kedua tim tampak seimbang. Satu menit berselang Portugal nyaris menyamakan kedudukan. Ronaldo berhasil menjangkau umpan silang tetapi sundulannya masih belum menemui sasaran.

Portugal terus bekerja keras untuk menyama kedudukan. Upaya itu membuahkan hasil pada menit ke-59 saat bola yang coba diumpan Ronaldo mengenai lengan Jules Kounde di kotak penalti.

Wasit menghadiahi Portugal tendangan dari titik 12 pas yang dieksekusi dengan sempurna oleh Ronaldo untuk membuat skor jadi 2-2.

Skor seimbang kembali mengubah tempo permainan. Kedua tim masih bergantian menyerang, tapi tampak jauh lebih berhati-hati.

Prancis mendapat peluang emas untuk kembali memimpin di menit ke-66. Akan tetapi, Rui Patricio yang berada di bawah mistar gawang Portugal tampil cekatan bahkan berhasil melakukan double save saat bola pantul dari tembakan Pogba disambut Antoine Griezmann.

Memasuki 10 menit akhir, tempo pertandingan semakin menurun. Portugal lebih banyak memainkan bola di wilayah sendiri, tampak mengincar hasil imbang.

Tidak ada gol tambahan di sisa laga. Wasit pun meniup peluit panjang. Skor 2-2 menutup duel sengit Portugal vs Prancis kali ini.

Pada akhirnya skor 2-2 adil bagi kedua tim. Dengan hasil imbang ini, Prancis lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup, sedangkan Portugal juga lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*