Dinkes siapkan vaksinasi tahap II

BATURAJA –Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mempersiapkan vaksinasi tahap II untuk pelayanan publik, antara lain personel TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah itu.

“Penyuntikan vaksin tahap kedua untuk pelayanan publik ini dimulai pada Maret 2021,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu Andi Prapto di Baturaja, Selasa.

Saat ini, pihaknya masih menunggu pendistribusian vaksin yang diprediksi mulai dikirim dari Palembang ke daerah setempat awal Maret mendatang.

“Ada sekitar 5.000 dosis Sinovac yang akan didistribusikan ke OKU (Ogan Komering Ulu). Artinya sebanyak 2.500 TNI, Polri, dan ASN yang disuntik vaksin,” kata dia.

Sambil menunggu pendistribusian vaksin, kata dia, saat ini pihaknya melakukan pendataan pelayanan publik yang akan divaksin.

Pendataan ini dengan melayangkan surat ke seluruh instansi pemerintahan di wilayah itu untuk mengirim data yang bakal divaksin ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Pendataan sedang berjalan. Mudah-mudahan Maret 2021 nanti sudah mulai proses vaksinasi,” ujarnya.

Terkait dengan aturan baru bahwa lansia boleh divaksin, Andi mengaku hingga saat ini syarat tersebut hanya berlaku untuk ibu kota provinsi.

“Sejauh ini untuk daerah termasuk Kabupaten OKU, lansia yang boleh disuntik vaksin hanya tenaga kesehatan saja, sedangkan pelayanan publik dan masyarakat umum tidak boleh,” katanya.

Ia menambahkan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di daerah setempat sebelumnya sudah mencapai 71,89 persen atau 1.178 orang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*