Depay Hattrick, Belanda Bantai 10 Pemain Turki

Jakarta: Timnas Belanda sukses berpesta gol dengan skor 6-1 atas Turki yang tampil dengan 10 pemain sejak babak pertama dalam laga lanjutan Grup G babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Johan Cruyff Arena, Rabu (8/9/2021) dini hari.

Belanda mampu unggul cepat di menit ke-1 lewat Davy Klaassen. Pasukan Louis van Gaal kemudian mampu menambah gol dari hat-trik Memphis Depay di menit ke-16, 38’dan 54′, gol Guus Till pada menit ke-80. serta torehan dari Donyell Mallen di menit 90. Turki hanya bisa mencetak satu gol dari Cengiz Under di menit ke-90+1.

Turki sendiri harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-44 di laga ini. Hal itu terjadi karena Caglar Soyuncu mendapatkan kartu kuning kedua.

Tampil di depan pendukung sendiri, tim tuan rumah bermain dengan percaya diri sejak awal. Peluang pertama mereka bahkan langsung berbuah gol. Kerja sama apik antara Memphis Depay dan Davy Klaassen membawa Belanda unggul 1-0 di menit pertama.

Tim besutan Louis van Gaal terus menekan untuk mencari gol tambahan. Menit ke-16 gol kedua tercipta lagi-lagi berkat kerja sama Klaassen dan Depay.

Berbeda dari sebelumnya, kali ini klaassen yang menciptakan assist. Depay menyambut bola dengan tenang sebelum menceploskannya ke sisi kiri gawang lawan.

Turki yang kerepotan mulai mencari cara untuk meredam kekuatan lawan. Senol Gunes memerintahkan kepada para pemainnya untuk memperlambat tempo permainan dan melakukan penguasaan bola sebaik mungkin.

Permaian cepat Belanda memang terbukti merepotkan pertahanan tim tamu. Para pemain Belanda langsung bergerak cepat ke sisi lapangan lawan ketika berhasil merebut bola.

Sejumlah peluang kembali berhasil diciptakan kubu tuan rumah. Caglar Soyuncu bahkan harus melakukan pelanggaran untuk menghentikan pergerakan Klaassen. Sayangnya, hal itu terjadi di kotak terlarang.

Depay yang bertugas sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan tenang penggawa Barcelona itu melakukan teknik panenka untuk mengecoh pergerakan kiper lawan.

Belanda tak terlihat mengendurkan serangan. Begitu juga dengan Turki yang belum menyerah untuk mengejar ketertinggalan. Akan tetapi, skor 3-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga jeda.

Usai turun minum kubu turan rumah kembali menunjukkan dominasi. Lini pertahanan Turki kembali kerepotan menghadapi serangan-serangan cepat dari para pemain Belanda.

Pada menit ke-54, Belanda mendapatkan gol keempatnya, ketiga buat Depay. Berawal dari umpan silang Steven Bergwijn, bola sempat mengenahi Steven Berghuis sebelum dikonversi menjadi gol oleh Depay. Die Oranje unggul 4-0.

Depay nyaris mendapatkan gol keempat! pada menit ke-75, Virgil van Dijk melepaskan tembakan yang berhasil diblokir pemain Turki. Bola masih di tangan Belanda, dan Til mencoba memberikan bola kepada Depay. Sayang, ia gagal menjangkau bola dengan kepalanya.

Die Oranje mencetak gol kelimanya pada menit ke-80 lewat Guus Til. Satu gerakan cerdik dari pemain Feyenoord tersebut membuat Ugurgan Cakir terkecoh, sehingga dirinya mampu mencetak gol tanpa masalah. Belanda unggul 5-0.

Gol keenam Belanda akhirnya lahir di menit ke-89. Aksi Devyne Rensch dari sisi kanan mengawali gol ini. Sodoran bola Rensch dikontrol dengan baik oleh Donyell Malen. Malen melepas sepakan keras yang menggetarkan jala Turki.

Turki bisa mencetak satu gol di akhir laga. Gol bermula dari kesalahan Virgil van Dijk usai bola yang dikuasainya terlepas akibat mendapat tekel dari Halil Dervisoglu. Bola liar dimanfaatkan dengan baik oleh Cengiz Under. Ia dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong usai Bijlow sudah terjatuh berusaha melakukan sergapan.

Gol tersebut menjadi penutup pertandingan seru kali ini. Belanda berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor telak 6-1.

Kemenangan ini mengukuhkan posisi Belanda di puncak klasemen sementara Grup G. Frenkie De Jong bersaing ketat dengan Norwegia di posisi dua yang sama-sama mengoleksi 13 angka.

Susunan pemain:

Belanda (4-3-3): Justin Bijlow; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk (c), Daley Blind; Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong, Davy Klaassen; Steven Berghuis, Memphis Depay, Steven Bergwijn.

Pelatih: Louis van Gaal

Turki (4-4-1-1): Ugurcan Cakir; Kaan Ayhan, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Mert Muldur; Cengiz Under, Orkun Kokcu, Okay Yokuslu, Kenan Karaman; Hakan Calhanoglu; Burak Yilmaz (c).

 

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*