Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Mengikuti Acara Verifikasi Lapangan Dalam Rangka Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Secara Virtual Bertempat di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI yang di wakili oleh, Asisten Deputi Kesetaraan Gender David Arya Bhima,SE,MAB mengatakan bahwa Acara ini bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi.

Sehingga tim memperoleh data yang lebih lengkap, komprehensif dan objektif sebagai bahan penyusunan Indek persamaan gender yang dimulai pada tahun 2021.

Sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima anugerah Parahita Ekapraya (APE).
APE merupakan penghargaan yang diberikan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Serta sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG)

Pada Sambutannya Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten OKU menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Tim Verifikasi APE ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Pusat terhadap upaya-upaya pembangunan di Kabupaten OKU terutama dibidang Pengarusutamaan Gender.

Plh Bupati Edward Candra juga menyampaikan dalam upaya Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah, Kabupaten OKU telah melakukan berbagai Program dan Kegiatan.

Diantaranya sebagai Komitmen Pemerintah Kabupaten OKU telah menyusun Perda Nomor 6 Tahun 2012 TENTANG
PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN TERHADAP KORBAN KEKERASAN BERBASIS GENDER DAN ANAK, DAN PERATURAN BUPATI NOMOR 56 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSAKSANAAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KABUPATEN OKU.

SELAIN ITU PEMERINTAH KABUPATEN OKU TELAH MEMBENTUK DRIVER PUG, KELOMPOK KERJA PUG DAN TIM TEKNIS PUG YANG DITETAPKAN OLEH KEPUTUSAN BUPATI.

ADANYA KEPUTUSAN
INI DIHARAPKAN KEADILAN GENDER DAPAT MEWARNAI SETIAP KEBIJAKAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DAERAH.

BAHKAN TUNTUTAN TERSEBUT SEMAKIN KITA RASAKAN KARENA KEADILAN GENDER DIJADIKAN SALAH SATU INDIKATOR KEBERHASILAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN.

PELAKSANAAN KEGIATAN-KEGIATAN PEMBERDAYAAN YANG LEBIH DIKENAL DENGAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN (WOMEN INDEVELOPMENT).

NAMUN DALAM PERKEMBANGANNYA PERANAN PEREMPUAN TIDAK HANYA SEKEDAR PELAKU PEMBANGUNAN TETAPI PERAN SERTA PEREMPUAN MENJADI PERHATIAN DAN PERTIMBANGAN
UNTUK MENDUKUNG KESUKSESAN PELAKSANAAN BERBAGAI PROGRAM PEMBANGUNAN.

Meraih sebuah anugrah adalah bukan tujuan utama, namun jika pengahargaan itu berhasil diraih hal tersebut menandakan apa yang dikerjakan sudah sesuai standar yang telah ditetapkan, dan ini tentunya menjadi penyemangat untuk bekerja lebih baik dalam pengarustamaan gender.

untuk lebih mengetahui secara lebih mendalam tentang pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten OKU, kepada Bapak Ibu Tim Verifikasi Kami persilahkan untuk melaksanakan Verifikasi kepada unsur-unsur yang akan dinilai, dengan adanya Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian PPPA Republik Indonesia.

Kami berharap Kabupaten
OKU bisa mendapatkan penghargaan APE ini, dan semoga dengan diterimanya Penghargaan APE nanti bisa membuat Kabupaten OKU dalam menjalankan Kebijakan dan Pembangunan yang semakin Responsif Gender dari semua aspek sehingga menjadikan Kabupaten OKU yang lebih Maju dan Sejahtera.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala BAPELITBANGDA Kabupaten OKU.

Turut hadir diacara ini, Asisten III Setda OKU, OPD Terkait, Perwakilan TP.PKK, DWP dan GOW OKU, serta undangan lainnya.

 

Sumber : Protokol&Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*