Brasil Hajar Venezuela di Laga Pembuka Copa-Amerika

Jakarta: Dimotori oleh pemain bintang di segala lini, Brasil berhasil mendominasi pertandingan dan mengandaskan perlawanan Venezuela dengan skor 3-0 dalam laga perdana Grup A yang juga sekaligus merupakan laga pembuka Copa America 2021 di Estadio Nacional Mane Garrincha, Senin (14/6/21) pagi tadi.

Setelah sempat mengalami ketidakjelasan jelang penyelenggaraannya, Copa America 2021 akhirnya secara resmi dibuka di Brasil.

Dua calon tuan rumah, Kolombia dan Argentina harus mundur karena persoalan yang mereka miliki masing-masing. Kolombia dengan gejolak sipil yang dipicu oleh kebijakan kontroversial Presiden Ivan Duque terpaksa mengubur mimpi mereka untuk menjadi tuan rumah turnamen akbar milik masyarakat Amerika Selatan ini.

Sementara Argentina terpaksa membatalkan status mereka sebagai tuan rumah setelah gelombang Covid-19 kembali menerpa mereka dengan sangat parah. Lockdown kembali diterapkan dan membuat penyelenggaraan Copa America 2021 mustahil terlaksana di sana.

Bermain di Estadio Nacional de Brasilia Mané Garrincha, Brasil yang ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti menyambut turnamen ini dengan rekor bagus setelah memenangkan tujuh pertandingan terakhirnya di semua ajang.

Sementara itu, Venezuela dalam keadaan pincang lantaran tepaksa memanggil skuad darurat seturut temuan 11 hasil tes positif Covid-19 pada Sabtu kemarin. Konsekuensinya, La Vinotinto menerbangkan pemain-pemain dari liga domestik mereka, Divisi Primavera Venezuela, untuk menghadapi Selecao di pertandingan ini.

Memiliki kualitas pemain yang unggul sangat jauh dari tim tamu, Brasil tampil percaya diri. Skuad asuhan Adenor Leonardo Bacchi atau yang akrab dipanggil Tite ini menekan sejak wasit meniupkan peluit babak pertama.

Mereka mencoba mendominasi pertandingan secara penuh dan terus mengepung pertahanan Venezuela, seakan tak ingin memberikan Venezuela waktu untuk bernapas barang sedetik pun.

Tekanan demi tekanan yang diberikan oleh Brasil akhirnya menemui tujuan. Marcos Aoas Correa atau yang dikenal sebagai Marquinhos berhasil memecahkan kebuntuan Brasil di menit ke-23. Berawal dari sepak pojok terukur Neymar, Marquinhos berhasil memanfaatkan bola liar yang ia sepak dan gagal dihalau Joel Graterol.

Gol itu rupanya menjadi satu-satunya gol yang bisa dicetak Brasil di babak pertama, terlepas sejumlah serangan yang mereka lancarkan dengan mengandalkan trio Neymar, Gabriel Jesus dan Richarlison di depan.

Babak kedua dimulai dan Venezuela mengubah Gaya permainan. Mereka menjadi semakin disiplin dalam menjaga area pertahanan, mencegah Brasil menggandakan keunggulan.

Di sisi lain, Brasil terus memberikan tekanan. Gempuran serangan terus mereka berikan demi mencetak lebih banyak gol dalam pertandingan kali ini.

Serangan Brasil kian intensif dan pertahanan disiplin yang coba dibangun oleh Venezuela akhirnya jebol juga.

Neymar menggandakan keunggulan Brasil menjadi 2-0 di menit ke-64. Bintang andalan Paris Saint-Germain (PSG) itu berhasil mengeksekusi penalti dengan sangat baik. Mengecoh Graterol dan memaksa kiper Venezuela itu memungut bola dari jala gawangnya untuk kedua kalinya.

Pemain termahal dunia  itu kini telah mengemas 67 gol dari 106 penampilannya untuk Brasil. Ia sekarang tinggal berjarak sepuluh lesakan dari rekor sepanjang masa yang dimiliki Pele.

Kegemilangan Neymar tak berhenti sampai di situ. Di menit ke-89 ia memberi assist untuk memudahkan Gabriel Barbosa, yang masuk menggantikan Richarlison di pertengahan babak kedua, mengamankan gol ketiga Brasil untuk sekaligus menyudahi perlawanan Venezuela.

Skor 3-0 masih terus bertahan hingga peluit babak kedua dibunyikan. Brasil meraih kemenangan di laga pembuka Copa America 2021 usai mendominasi laga secara penuh.

Kemenangan yang diterima oleh Brasil di laga pembuka Copa America 2021 ini membuat mereka untuk sementara berhasil menduduki puncak klasemen Grup A dengan 3 poin. Sementara kekalahan yang diterima oleh Venezuela membuat mereka untuk sementara ini harus berada di dasar klasemen dan menjadi juru kunci.

Pada pertandingan berikutnya, Brazil akan menghadapi Peru pada laga kedua grup A Copa Amerika 2021, hari Kamis (18/6/21) mendatang. Kemudian, Neymar dkk akan menghadapi Kolombia di partai ketiga grup A (24/6/21), sebelum menutup kualifikasi grup A Copa Amerika mereka melawan Ekuador (28/6/21).

 

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*