BIN: Milenial Jadi Sasaran Utama Kelompok Terorisme

Jakarta: Badan Intelijen Negara atau BIN menyampaikan, saat ini kalangan muda mulai dari usia 17-24 tahun menjadi sasaran utama kelompok terorisme menyebarkan paham tersebut. Terutama dari media sosial.

“Media sosial disinyalir telah menjadi inkubator radikalisme, khususnya bagi generasi muda. Rentang kendali biasanya 17-24 tahun, ini yang menjadi target utama, selebihnya di atas itu second liner,” ujar Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto, dikutip dari YouTube TVNU Televisi Nahdlatul Ulama, Jumat (2/4/2021).

Ia menyampaikan, pengguna internet atau media sosial mengalami peningkatan selama masa pandemi ini. Berdasarkan dari survei BNPT, sekitar 80 persen generasi milenial rentan terpapar radikalisme karena cenderung tidak berpikir kritis

“Ini menjadi catatan kita bahwa generasi milenial lebih cenderung dia menelan mentah, tidak melakukan cek-ricek. Dan sikap intoleran ini biasanya muncul kepada generasi yang tidak kritis di dalam berpikir,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, potensi terpapar virus radikal generasi milenial melalui media sosial, karena juga terlalu banyak sekali konten terkait cara membuat bom. Selain itu, lanjut dia, ada pula yang akun-akun “hitam” yang mengajak mereka untuk bergabung menjadi anggota radikal tersebut.

“Penyebaran paham-paham radikal yang sering dibumbui narasi heroisme, kemudahan-kemudahan mengakses internet, dan banyaknya waktu luang. Kemudian konten dan narasi radikal kemudian disebar dengan mudah dan diakses oleh generasi muda,” ucapnya.

Terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan, generasi milenial lainnya juga terdeteksi masuk dalam kelompok Villa Mutiara yang melakukan aksi teror di Gereja Katedral Makassar.

“Di Makassar ada yang berumur milenial dan ada juga yang paruh baya. Tapi kelompok-kelompok milenial ada di Villa Mutiara itu,” tutur Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (1/4/2021).

Menurut Rusdi, kelompok Villa Mutiara merupakan jaringan terorisme Jamaah Ansharut Daulah (JAD) merekrut anak muda yang masih dalam lingkup keluarga.

 

Sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*