WISMA ATLET KEMAYORAN DIJADIKAN TEMPAT ISOLASI CORONA, INI TANGGAPAN DPR

Jakarta : Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyambut positif rencana pemerintah untuk menjadikan Wisma Atlet eks Asian Games di Kemayoran, Jakarta sebagai tempat karantina dan isolasi bagi pasien positif corona atau COVID-19.

Sebab menurut dia, Wisma Atlet tersebut tidak selalu dipakai. Untuk itu, sangat mudah untuk dikosongkan dan dimodifikasi demi kebutuhan ruang isolasi.

“Saya kira, wisma atlet merupakan salah satu altenatif yang sangat baik untuk dijadikan sebagai tempat isolasi pasien,” ujar Saleh di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Menurut dia, wisma atlet Kemayoran mudah dijangkau, sehingga bisa memudahkan mobilitas orang untuk membawa pasien yang terjangkit virus asal Kota Wuhan, China itu.

“Mereka (pasien positif COVID-19) harus ditangani secara baik. Dan Wisma Atlet sangat cocok. Fasilitasnya bagus. Apalagi, saya dengar, wisma tersebut baru direnovasi,” kata dia.

Jika memang rencana ini sudah dicanangkan, Saleh berharap pemerintah segera melaksanakannya. Sebab, mereka yang terinfeksi harus segera diisolasi dan mendapatkan perawatan khusus agar potensi penyebarannya dapat dikanalisasi.

“Kalau masih di luar, itu sangat rentan menjangkiti yang lain,” ujarnya.

Namun demikian, Saleh mengingatkan bahwa pemerintah juga harus siap mencari tempat cadangan lainnya, jika suatu saat nanti Wisma Atlet tersebut penuh.

“Semua harus ditangani. Tidak boleh ada yang merasa ditinggalkan. Lagian, pemerintah sudah berjanji akan memberikan pelayanan maksimal. Termasuk biaya pengobatan yang akan diambil dari APBN,” tukasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah berencana untuk menjadikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai lokasi karantina, observasi dan isolasi orang dalam pemantauan (ODP) serta tempat pelaksanaan rapid test.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*