Warga OKU diimbau waspadai banjir dan longsor

Baturaja (ANTARA) – Pjs. Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, M Zaki Aslam mengimbau masyarakatnya agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir dan tanah longsor saat musim penghujan seperti saat ini.

“Sekarang ini sudah memasuki musim pancaroba yang berpotensi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor serta angin puting beliung, khususnya di Kabupaten OKU,” katanya di Baturaja, Selasa.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa.

“Seperti musibah angin puting beliung yang merobohkan salah satu rumah warga Desa Pusar beberapa waktu lalu harus dijadikan pelajaran agar kita selalu waspada,” katanya.

Zaki juga meminta kepada seluruh instansi terkait agar selalu siap membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten OKU.

“Setiap wilayah atau daerah pasti memiliki potensi bencana yang disebabkan berbagai faktor, baik itu faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia,” jelasnya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadi bencana diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran baik pemerintah, swasta, relawan, maupun masyarakat dalam upaya pengurangan risiko adanya korban jiwa akibat bencana alam.

“Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat harus tanggap terhadap ancaman bencana alam,” kata dia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*