Umur Valentino Rossi Lebih Tua dari 15 Sirkuit MotoGP

Masih akan membalap dalam kalender MotoGP 2020. Dia tercatat sebagai pebalap tertua di kelas paling bergengsi itu. Tak hanya menjadi pebalap tertua pada MotoGP 2020.

Valentino Rossi juga hanya lebih muda dari enam sirkuit yang akan dikunjunginya tahun ini. Pebalap Yamaha tersebut kini genap berusia 41 tahun per 16 Februari 2020.

Usia Rossi saat ini menempatkannya sebagai pebalap yang paling tua di MotoGP. Bahkan kontestan MotoGP yang paling dekat dengan usia Rossi, Andrea Dovizioso (Ducati), baru menginjak 34 tahun pada tahun ini.

Yamaha Buat Keputusan Tepat Fokus ke Quartararo Tak hanya dengan rival-rivalnya, Rossi juga terbilang ‘uzur’ apabila usianya dibandingkan dengan deretan sirkuit yang akan dikunjunginya pada MotoGP 2020.

Menurut data yang dihimpun BolaSport dari laman MotoGP, dari 21 sirkuit yang menjadi tuan rumah musim ini, 15 di antaranya tak lebih tua dari Rossi. Hanya enam sirkuit yang usianya lebih tua dari Rossi yakni Le Mans (1966), Mugello (1979), Assen (1955), Silverstone (1948), Misano, (1972) dan Philip Island (1956).

MotoGP 2020 akan dibuka dengan balapan seri perdana di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret. Rossi masih akan membela tim pabrikan Monster Energy Yamaha.

 Tes Pramusim MotoGP 2020 Sepang Rossi memulai karier di kejuaraan dunia balap motor sejak 1996. Gelar juara dunia di kelas 125cc dan 250cc membawanya naik ke kelas utama pada 2000.

Sejak saat itu, rekor 342 penampilan, 198 podium, 89 kemenangan, 7 gelar juara dunia (hanya kalah dari Giacomo Agostini) sudah ditorehkan oleh Rossi.

Karier panjang Rossi dalam MotoGP bukan hanya karena prestasi mentereng saja. Pasalnya, The Doctor juga memiliki daya pikat besar di antara penggemar MotoGP.

Lautan manusia berkostum kuning selalu terlihat setiap kali balapan MotoGP digelar. Lebih-lebih jika dihelat di Italia, negara kelahiran Rossi.

Sayangnya, usia yang tak lagi muda membuatnya mulai tersingkir oleh pebalap muda yang tengah naik daun di kelas MotoGP.

Bahkan posisi Valentino Rossi di tim utama Yamaha bakal digantikan pebalap muda Fabio Quartararo yang naik pangkat dari tim satelit.

Sementara itu masa depan Valentino Rossi belum jelas, apakah bakal berhenti dari dunia balap atau tetap bertahan dengan tim lain.

Andai dirinya pensiun, banyak yang memberitakan bahwa ia bakal menjajal balapan jet darat Formula 1. (Ardhianto Wahyu Indraputra)

sumber : Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*