TNI AU: WNI yang Dievakuasi dari China Bakalan Dikarantina

KBRN, Jakarta : Pemerintah telah menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung untuk mengkarantina ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang akan dipulangkan dari Provinsi Hubei, China. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi agar mereka tidak menularkan virus corona ke dalam negeri.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, Marsma TNI Fajar Adrianto menjelaskan, jika nanti berhasil di pulangkan, tiga pesawat yang mengakut pun akan diparkir di parkiran khusus.

“Tahapan yang disiapkan oleh Kemenkes, setelah mendarat, yaitu pesawat tersebut akan parkir khusus di satu tempat yang jauh dengan pesawat yang lain,” katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (30/1/2020).

Setelah pesawat dikarantina untuk beberapa saat, lanjut dia, semua penumpang bakalan dikirim ke Rumah Sakit Sari Asih, Jakarta Utara untuk dikarantina lebih lanjut.

“Kalau terburuknya itu sampai 28 hari di rumah sakit, kalau memang itu terkena penyakit. Tapi kalau tidak, mungkin bisa lebih cepat,” jelasnya.

Dijelaskannya pula, karantina dilakukan agar mereka yang datang dari China tidak menularkan virus mematikan itu kepada masyarakat Indonesia.

“Karena dari pada pulang dan menyebar virus, lebih baik kan disembuhkan dulu agar pulang dengan aman, keluarga juga bisa menyambut dengan aman dan nyaman. Kalau begitu mendarat dan langsung pulang, kami khawatir akan menyebar virus. Karena itu kita akan melakukan karantina,” urainya.

Selain melakukan karantina, kata dia, semua petugas yang ada di pesawat, baik itu awak kapal, petugas keamanan, hingga petugas medis pun diberikan obat-obatan agar mereka tidak terjangkit virus. Obat-obatan juga disiapkan untuk para penumpang.

Perlu diketahui, sejauh ini pemerintah China telah menutup 15 kota yang ada di Provinsi Hubei. Akibatnya, 57,2 juta penduduk yang tinggal disana pun tak bisa keluar kota-kota itu, orang yang dari wilayah luar pun tak boleh masuk. Akibat mewabahnya virus itu, Kota Wuhan merupakan kota asal dari virus mematikan itu kini dijuluki sebagai “Wilayah Zombie” atau “Zombieland”.

Sejauh ini, pemerintah Indonesia terus melakukan lobi-lobi ke pemerintaham China untuk memulangkan WNI yang ada disana.

 

Sumber : RRI.Co.Id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*