Semoga, OKU Maju dan Sejahtera Tercapai

OKU – Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten OKU ke – 110, kemarin (29/7) terasa sangat istimewa. Pasalnya, melalui rapat paripurna Istimewa I di ruang paripurna DPRD OKU, peringatan HUT OKU ke – 110 tetap berlangsung dengan sakral kendati dilaksanakan secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, secara virtual, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM, menyatakan, dirinya pada 15 Juli yang lalu bersama Gubernur se Indonesia diundang Presiden RI, Joko Widodo di Istana Bogor. Pada kesempatan itu, Presiden mengintruksikan untuk segera membelanjakan uang yang ada. Pasalnya, secara nasional ada Rp 170 T dana pemerintah daerah yang masih berada perbankan karena belum tersalurkan. “Untuk itu, kepada Bupati dan Wakil Bupati OKU untuk segera,” tukas Deru.

Diterangkan Gubernur, jika beberapa waktu lalu terjadi refocusing anggaran atau realokasi yang ternyata dalam refocusing dan realokasi itu terjadi lebih dan kurang maka segera terbitkan Peraturan Bupati yang baru. “Jika lebih kembalikan ke porsi awal tapi jika jika kurang harus refocusing pendanaan yang lain. Disinilah letak kita harus saling berkomunikasi,” tegas Deru.

Pelaksanaan ini, lanjut Deru, dilaksanakan dengan fleksibel. Jika terjadi kelebihan segera kembalikan melalui peraturan Bupati, jika kekurangan dari berbagai aspek pengendalian covid – 19 maka segera tambah dari realokasi dan refocusing lainnya. “Tapi ingat Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati, bahwa sebagai Kepala Daerah yang dipilih oleh rakyat bahwa bapak punya RPJMD,” ujar Deru.

Maka untuk itu, lanjut Deru, perlu dihitung dengan belanja semaksimal mungkin. “Saya yakin, bahwa Pak Kuryana dan Pak Johan adalah orang – orang yang kita ketahui sangat handal dalam pengelolaan keuangan di daerah. Maka belanjakan maksimum, dan Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan akan memantau dan memberikan perhatian terhadap Kabupaten OKU yang sama – sama kita cintai ini,” ucap Deru.

Pada bagian akhir, Gubernur Sumsel, H Herman Deru, mengucapkan selamat ulang tahun yang ke – 110 Kabupaten OKU. Mudah – mudahan, cita – cita besar masyarakat OKU untuk menjadikan Kabupaten OKU Maju dan Sejahtera akan tercapai. “Dalam ridho dan berkah dari Allah SWT,” pungkas Deru.

Dikonfirmasi OKU EKSPRES, Bupati OKU, Drs H  Kuryana Azis, menanggapi pernyataan Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

“Pernyataan Pak Gubernur merupakan hasil rakor Gubernur Se Indonesia yang dipimpin Presiden RI, seluruh Kepala Daerah yakni Gubernur, Bupati/Walikota se Indonesia supaya meminimalisir keadaan ekonomi sekarang ini,” terang Kuryana.

Saat ini, lanjut Kuryana, masih disinyalir masih banyaknya anggaran itu yang belum terserap dengan maksimal karena saat ini pandemi Covid – 19. “Ditambah lagi ketika ada relokasi anggaran dan refocusing anggaran. Sehingga hal tersebut memakan waktu dan menjadi terlambat penyerapan anggaran,” ucap suami Hj Badiar Dewi ini.

Dicontohkan Kuryana, misalnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU yang baru dapat terlaksana sekarang ini. “Alhamdulilah pembangunan infrastruktur mulai tender dan mulai menandatangani kontrak tapi belum pelaksanaan. Mudah – mudahan Agustus mendatang sudah mulai berjalan,” terang Ketua DPD NasDem OKU ini.

Dilanjutkan Kuryana, Pemerintah Kabupaten OKU tidak akan berdiam diri dan berkomitmen melaksanakan dan menindaklanjuti apa yang disampaikan Presiden RI dan Gubernur Sumsel. “Paling tidak dengan pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU dapat menstabilkan perekonomian masyarakat,” tukas Kuryana.

Untuk itu, Kuryana berharap di Hari Ulang Tahun Kabupaten OKU yag ke – 110, apa yang dicapai Kabupaten OKU selama ini kedapan akan lebih ditingkatkan lagi sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) visi misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Namun demikian, karena keterbatasan kemampuan anggaran barangkali semuanya tidak terpenuhi seratus persen. Mudah – mudahan, tidak akan tertinggal jauh dari apa yang kita inginkan. Insya Allah OKU Maju dan Sejahtera,” pungkas Kuryana.
sumber : Memosumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*