Selebritas Galang Dana untuk Petugas Medis yang Rawat Pasien Covid-19

JAKARTA – Petugas medis seperti dokter dan perawat berdiri di garis depan penanggulangan wabah virus corona (Covid-19).

Merekalah yang melakukan kontak langsung dengan para penderita Covid-19. Merekalah yang menghadapi risiko tertinggi tertular virus corona.

Kondisi ini mendorong sejumlah selebritas Indonesia untuk menggalang dana untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis. Berikut ini artis yang menggalang dana untuk para petugas medis.

1. Afgansyah Reza

Melalui Instagram-nya,@afgansyah.reza, pelantun lagu “Sadis” itu mengajak masyarakat berdonasi untuk membeli APD kepada petugas medis yang menangani pasien corona. “Gue mau ngajak kalian bareng-bareng bantu tenaga medis ini.

Mereka yang udahan kerja ekstra enggak kenal waktu, butuh support nyata dari kita,” tulis  Afgan seperti dikutip Kompas.com, Selasa (17/3/2020). Afgan melakukan itu karena mendapatkan informasi bahwa beberapa rumah sakit telah kekurangan stok perlindungan diri dalam menangkal virus corona.

2. Adib Hidayat

Pengamat musik Adib Hidayat juga membuka donasi untuk membantu para tenaga kesehatan selama wabah virus corona terjadi di Indonesia.

Adib mengatakan inisiatif ini bermula ketika ia melihat kesulitan yang dialami para tenaga kesehatan sejak kasus pertama Covid -19 diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Melihat di twitter beberapa orang yang saya tahu, dokter, ya berkeluh kesah dengan minimnya peralatan yang mereka punyai, disediakan rumah sakit atau tempat dia bekerja,” kata Adib saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Temuan Adib, APD seperti masker dan hand sanitizer bagi para tenaga kesehatan tersebut semakin menipis. “Bahkan ada yang harus berhemat pakai dua kali, dua hari.

Itu kan miris. Jadi pikir apa yang bisa dilakukan, dari pada marah-marah,” ucap Adib. Empati itu bersambut dengan ajakan dari Kitabisa.com untuk membuka donasi bagi para tenaga kesehatan.

3. Rachel Vennya

Rachel Vennya turut mengalang dana melalui Kitabisa.com untuk membantu rumah sakit yang kekurangan aAPD melawan virus corona.

Lewat Kitabisa.com, Rachel Venya menggaungkan tema ‘Tolong Menolong Lawan Covid-19’. Rachel Venya juga berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1 miliar lebih dalam waktu kurang dari 24 jam.

Nantinya, dana tersebut disalurkan Rachel Vennya dan Kitabisa ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan ADP.

APD tersebut nantinya akan disalurkan ke Rumah Sakit Persahabatan, Fatmawati, Pasar Minggu, Sulianti Saroso, Gatot Subroto, Mintoharjo, Bhayangkara, dan RSUD Cengkareng. Selain itu, Rachel Vennya kembali membuka permintaan bantuan dari rumah sakit yang membutuhkan APD melalui direct message Instagram-nya.

4. Maia Estianty

Produser musik Maia Estianty menggalang dana untuk memberikan bantuan kepada beberapa rumah sakit yakni APD melalui kitabisa.com. Pada unggahan terbarunya di Instagram, Maia Estianty memberikan sebuah foto bahwa APD sudah disalurkan pada beberapa rumah sakit, antara lain RSUD di kabupaten Bekasi hingga RSUD.

Sumbangan itu bukan hanya dari Maia Estianty, tetapi bersama sejumlah rekan artis lain hingga warga.

sumber : Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*