Sekda OKU Hadiri Sosialisasi Tata Cara dan Prosedur Pengunggahan Dokumen SAKIP pada situs e-SAKIP Reviu

OKU – Sekretaris Daerah (Sekda) OKU, Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE., MT., M. Si., M.H., menghadiri sekaligus membuka acara Pendampingan dan Asistensi Penggunaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah ( e-SAKIP ) Serta Penyusunan LKjIP Kab.OKU Tahun Anggaran 2020 Bertempat di Ruang Rapat Abdi Praja Pemkab OKU (Kamis, 12 Maret 2020).

Ketua pelaksana kegiatan sosialisasi Kabag Organisasi Drs. Dadang Hudaya. M. Si mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini melalui hasil evaluasi laporan akuntansi kinerja instansi pemerintah LKjIP Kabupaten Oku tahun 2018 yang diterima pada tanggal 10 Februari 2020 di Kota Batam kepulauan riau serta hasil koordinasi dengan biro organisasi sekretariat daerah Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 5 Maret 2020.

Peserta sosialisasi adalah para pejabat eselon yang membidangi perencanaan program dan staf yang melaksanakan penyusunan SAKIP pada seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU.

Materi yang akan diberikan pada sosialisasi ini difokuskan pada pendampingan dan asistensi mengenai
1. Sistem pengukuran dan indikator kinerja
2. Pedoman penyusunan/petunjuk teknis penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah (LKjIP).

Yang menjadi atau tenaga pengajar pada kegiatan sosialisasi kali ini Kepala Bagian Tatalaksana, Kepala Sub Bagian Akuntabilitas,dan Tenaga Ahli e-SAKIP dari Biro Organisasi Seketariat Daerah Provisnsi Sumsel.

Adapun tujuan kegiatan sosialisasi pada hari ini
– Memberikan pembekalan, pengetahuan, wawasan, informasi dan tertib administrasi/prosedur penyusunan program dan kegiatan yang strategis sinergis selaras dan harmonis dengan RPJMD dan RKPD kabupaten OKU
– Memberikan pembekalan, pengertian dan pemahaman penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah (LKjIP) beserta dokumen pendukung sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah SAKIP
– memberikan pengertian dan pemahaman tata cara dan prosedur pengunggahan dokumen SAKIP pada situs e-SAKIP Reviu
– mewujudkan salah satu pelayanan prima excellent service dalam rangka penyempurnaan birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan di bidang peningkatan kinerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) OKU, Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE., MT., M. Si., M.H menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama SAKIP adalah sistem akuntabilitas kinerja pemerintah yang terintegrasi dengan sistem perencanaan Bappelitbangda sistem penganggaran BKD dan sistem pelaporan kinerja yang harus selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan.

kemudian artinya setiap organisasi perangkat daerah diwajibkan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara mulai dari dokumen perencanaan pengukuran pelaporan evaluasi dan capaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku di antaranya dalam bentuk laporan kinerja instansi pemerintah atau yang biasa disebut LAKIP.

dari tahun 2011 sampai dengan terakhir tahun 2019 yang diserahkan di Kota Batam pada tanggal 10 Februari 2020 selama 8 tahun berturut-turut nilai evaluasi SAKIP Kabupaten Ogan Komering Ulu masih belum maksimal berada pada nilai C.

Jika diukur dari evaluasi tersebut itu artinya capaian kinerja yang dihasilkan Kabupaten Ogan Komering Ulu belum maksimal dan masih perlu perbaikan kinerja semua pihak agar kedepan dapat lebih optimal.

Sasaran evaluasi adalah seluruh komponen dari manajemen kinerja yang terdiri dari pertama perencanaan kinerja dan pengukuran kinerja yang menjadi tugas Bappelitbangda, pelaporan kinerja yang menjadi tugas Bagian Organisasi, evaluasi internal serta pengukuran capaian kinerja yang di tugas inspektorat Daerah.

Saya meminta kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU agar segera menyelesaikan seluruh dokumen SAKIP dan menguploadnya ke situs resmi KemenpanRB paling lambat tanggal 25 Maret 2020.

Oleh karena itu saya sangat mengharapkan kegiatan sosialisasi kali ini dapat jauh lebih intensif karena akan didampingi dan dibimbing langsung oleh Narasumber dari Biro Organisasi dan Tatalaksana sehingga kita dapat segera melakukan pembenahan mengambil langkah-langkah konkrit yang sinergis Selaras dan harmonis sehingga nilai evaluasi SAKIP kita di tahun depan dapat meningkat makanya baru ditunjukkan dengan predikat yang lebih baik lagi.

Hadir pada acara ini, Sekda OKU, Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD, Kabag, Kasubbag Program dan Keuangan se-Kab OKU, Operator SAKIP se-Kab OKU Dan Undangan Lainya.

 

Sumber : radarnews.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*