Putra Asli Desa Laya Baturaja Jabat Ketua Mahkamah Agung RI

JAKARTA. MS – Dr. H.M. Syarifuddin SH. MH, Lahir di Baturaja, 17 Oktober 1954 tepatnya di Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan.

Mahkamah Agung telah memiliki Ketua yang baru pengganti Hatta Ali yang pensiun pada Selasa (7/4/2020) besok. Muhammad Syarifuddin resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung atau Ketua MA periode 2020-2025.

Syukur kepada Allah SWT, pada siang ini yang telah melimpahkan amanah kepada saya memimpin Mahkamah Agung selama satu periode ke depan, ujar Syarifuddin usai pengumuman hasil pemilihan pada Senin (6/4/2020).

Syarifuddin turut mengucap terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memilih dirinya dan mempercayakan jabatan Ketua MA. Saya tidak lebih baik dari bapak, yang mulia Hatta Ali. Beliau telah membawa kemajuan dan akan kami tingkatkan, ujarnya.

Mendengar sambutan Syarifuddin, Hatta Ali pun langsung menyampaikan pesan kepada mantan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial tersebut.

Hatta mengingatkan bahwa jabatan sebagai Ketua MA adalah sebuah amanah dan penuh tanggung jawab yang besar. “Harus dilaksanakan sepenuh hati dan kerja keras. Maka itu, saya ucapkan selamat yang mulia Syarifuddin, sebagai ketua terpilih periode 2020-2025, kata Ketua MA yang lama.

Dalam pemilihan yang disiarkan secara live streaming pada Senin (6/4/2020) ini, Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA untuk periode 2020-2025. Syarifuddin saat ini merupakan Wakil Ketua MA bidang Yudisial.

Syarifuddin terpilih secara voting dari para hakim agung yang memiliki hak suara. Ia terpilih setelah voting dilakukan dalam 2 putaran. Pada putaran pertama, Syarifuddin mendapatkan 22 dari 44 suara sah. Adapun 2 suara tidak sah dan Hatta Ali menyatakan abstain.

Suara terbanyak kedua di bawah Syarifuddin ialah Ketua Muda MA bidang Pengawan sekaligus jubir MA, Andi Samsan Nganro, dengan 14 suara. Adapun terbanyak ketiga ialah Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial, Sunarto, dengan 5 suara

Lantaran tak memenuhi syarat 50% suara plus 1, voting dilanjutkan ke putaran kedua yang hanya diikuti Syafruddin dan Andi Samsan Nganro.

Dalam voting putaran kedua, Syarifuddin mendapatkan 32 dari 46 suara sah. Sementara Andi Samsan Nganro mendapatkan 14 suara. Adapun 1 suara yakni Hatta Ali abstain. Dengan hasil tersebut, Syafruddin ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih.

Selanjutnya Syarifuddin akan membaca sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi setelah Hatta Ali menanggalkan jabatannya pada 1 Mei 2020.

Adapun dalam pemilihan tersebut, Hatta Ali tak menggunakan hak pilihnya karena ingin menunjukkan objektifitasnya. Pada kesempatan ini saya tidak menggunakan hak pilih saya mengingat terhitung tanggal 1 Mei 2020 saya sudah memasuki pensiun.

Oleh karena itu kurang lebih sisa 3 minggu, di samping itu untuk menunjukkan objektivitas saya, bahwa saya mendukung seluruh calon yang terpilih dan sama baiknya kualitas mereka di mata saya, ujar Hatta Ali yang disambut tepuk tangan para Hakim Agung.

 

 

sumber : memosumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*