Presiden Pimpin Upacara Ziarah Nasional di Kalibata

Jakarta: Presiden Joko Widodo memimpin langsung jalannya upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Selasa (10/11/2020). Upacara dilakukan secara sederhana, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat tentunya.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2020 berbeda dengan tahun lalu, sebab momen bersejarah tahun ini diperingati saat pandemi Covid-19. Peserta yang hadir juga sangat terbatas. Menteri dari kabinet Indonesia Maju yang hadir juga hanya dua orang, yaitu Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Sosial Juliari Batubara, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’. Maksud dari tema Pahlawanku Sepanjang Masa adalah apa yang telah dilakukan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan perjuangan. Baik Presiden dan Wakil Presiden sama-sama tidak didampingi oleh Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden pada upacara kali ini, karena pada tahun-tahun sebelumnya, keduanya selalu mendampingi di hampir setiap upacara.

Namun karena adanya pandemi, maka kedua wanita tersebut tidak dapat ikut mendampingi pada saat upacara.

Setelah selesai memimpin jalannya upacara ziarah nasional, Presiden dan Wakil Presiden langsung melakukan prosesi tabur bunga di beberapa makam pahlawan nasional, diantaranya makam mantan Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah dan Mantan Ketua MPR RI Taufiq Kiemas.

Selesai tabur bunga, baik Presiden dan juga Wakil Presiden langsung bertolak meninggalkan Taman Makam Pahlawan untuk langsung menuju Istana Kepresidenan Jakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*