Kesehatan Suami Soraya Haque Membaik, Alat Ventilator Dilepas, Bisa Berkomunikasi

JAKARTA – Perkembangan kondisi kesehatan suami artis peran Soraya Haque, Ekki Soekarno menunjukkan kemajuan. Terakhir diketahui, Ekki sudah mulai bisa merespon komunikasi dan berlatih makan tanpa bantuan alat.

Pernapasan membaik, ventilator dilepas Menurut putri Soraya Haque, Nadia Soekarno ayahnya tak lagi menggunakan alat bantu pernapasan (ventilator).

“Jadi alat ventilatornya sudah dicopot dan pernapasannya juga sudah membaik,” kata Nadia kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020) malam.

Nadia juga membenarkan Ekki sudah melalui masa-masa kritis.

“Iya (lewat masa kritis). Sudah mendingan kondisinya,” tutur Nadia.

Mencoba untuk makan secara normal Dengan tak lagi memakai alat pernapasan, Ekki kini mencoba untuk makan langsung tanpa menggunakan bantuan selang.

“Terus karena alat ventilatornya sudah dicopot jadi lagi dicoba untuk makan makanan. Jadi makannya enggak lewat alat lagi,” ucap Nadia.

Peningkatan kondisi tersebut juga ditunjukkan Ekki dengan mulai bisa merespons komunikasi.

“Kalau kemarin, kan, komunikasi masih susah karena masih ada alat ventilatornya, belum bsa ngomong, keluarin suara juga enggak bisa. Tapi pas alatnya itu dilepas sudah bisa komunikasi, sudah bisa ngomong walaupun memang suaranya masih kecil banget,” ujar Nadia.

Belum bisa pemeriksaan TB karena masih ada cairan Awalnya, Ekki yang mengalami infeksi paru-paru hendak menjalani pemeriksaan adakah infeksi tuberkulosis (TB) pada Sabtu (18/1/2020).

Namun, pemeriksaan belum bisa dilakukan lantaran masih ada cairan di paru-paru Ekki.

“Mengenai yang pemeriksaan TB itu, kalau dokter jantungnya menyarankan fisioterapi, tetapi masih rembuk juga sama keluarga apakah perlu atau tidak karena fisioterapi itu bisa membuat cairannya itu keluar katanya,” tutur Nadia.

Sementara itu, kemarin Senin (20/1/2020) Ekki dijadwalkan untuk bertemu dengan dokter spesialis jantung.

“Kebetulan kami masih menunggu dokternya baru ketemu besok (Senin-Red), untuk dokter jantungnya,” jelas Nadia.

Walaupun sudah membaik, Ekki masih menerima perawatan dari ruang ICU, RSPI Bintaro, Tangerang Selatan sejak Kamis (16/1/2020) lalu.

 

sumber : Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*