Kegiatan Puskesmas Kabupaten OKU Waspadai Penularan Covid-19

Baturaja – Pemeriksaan suhu penumpang yang masuk ke wilayah Kabupaten OKU

Dengan semakin merebaknya penyebaran penyakit covid-19 di Indonesia, maka kewaspadaan terhadap penularan penyakit ini harus semakin ditingkatkan. Kegiatan penemuan orang yang pernah kontak langsung dengan penderita, atau orang yang bepergian dari wilayah yang terjangkit harus terus dilakukan secara simultan, karena mereka inilah yang menjadi ODP / PDP yang bisa menularkan penyakit ini kepada orang lain.

Para ODP didata alamatnya agar mudah dilakukan pemantauan

Petugas Puskesmas di Kabupaten OKU setiap hari berusaha menemukan Orang-orang dalam pemantauan (ODP) sehingga dapat dicegah untuk berkontak dengan orang lain disekitarnya agar tidak menimbulkan kasus baru. Mereka dianjurkan untuk mengisolasi diri selama 14 hari, melakukanself monitoring, self quarantine dan social distancing. Jika timbul gejala batuk dan sesak nafas mereka anjurkan untuk berkonsultasi dengan petugas fasilitas kesehatan melalui telefon dan jika gejala semakin memburuk dianjurkan untuk segera mengunjungi rumah sakit terdekat.

Self monitoring dilakukan dengan memeriksa suhu tubuh dua kali sehari pada pagi dan malam hari dan mengamati gejala-gejala penyakit yang timbul selama 14 hari, self quarantine dilakukan dengan cara tetap di dalam rumah, tidak keluar rumah jika tidak sangat terpaksa misalnya untuk membeli bahan makanan atau untuk berobat ke fasilitas kesehatan, sedangkan social distancing dilakukan dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain baik di dalam rumah apalagi jika berada di luar rumah serta menghindari kerumunan orang.

 

sumber : dinkes okukab.go.id

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*