Kasus Covid-19 Meningkat, Palembang Kembali Zona Merah!

Palembang, Sumselupdate.com – Masyarakat perlu meningkatkan kedisplinan terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Pasalnya, Kota Palembang kembali masuk ke zona merah Covid-19 sejak 6 Desember lalu. Peningkatan status ini setelah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat virus Corona terus meningkat.

Berdasarkan data rekapitulasi kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Palembang, 10 Desember ini bertambah 48 dan 2 orang meninggal dunia, atau total secara keseluruhan kasus sejak Februari lalu sudah menyentuh angka 4.521 kasus.

“Iya sejak 6 Desember Palembang kembali zona merah (resiko tinggi) Covid-19,” kata Juru Bicara Bidang Satgas Covid-19 Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palembang Yudhi Setiawan, Kamis (10/12/2020).

Yudhi mengatakan, ada 15 indikator dalam menentukan peta zonasi risiko. Dari 15 indikator tersebut yang mengalami penurunan skoring adalah indikator kasus konfirmasi Covid-19 yg terus mengalami peningkatan dan kematian pada kasus konfirmasi yang juga meningkat.

“Jadi kasus positif dan kematian meningkat menjadi salah satu faktor,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat harus berpikir bahwa semua orang yang berada di sekitar kita terutama pada saat di luar rumah adalah orang yang berisiko Covid-19.

Sehingga penerapan kepatuhan mencuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak atau 3W dilaksanakan.

“Kepatuhan masyrakat harus ditingkatkan, tidak bisa hanya himbauan atau aturan dari pemerintah saja,” katanya.

Sementara itu, Ahli Epidemiologi Sumsel Dr Iche Andriyani Liberty, perubahan zona di Palembang bisa terjadi karena momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang tengah berlangsung atau kemungkinan adanya faktor libur Natal dan tahun baru yang sebentar lagi terlaksana.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*