KAPOLRES JAMIN PILKADES AMAN

OKU – Hari ini, pemilihan kepala desa (pilkades) serentak digelar di Kabupaten OKU. Ada 74 desa di 12 kecamatan dari 13 kecamatan di Kabupaten OKU yang melaksanakan pilkades.

H-1 kemarin, Bupati OKU Drs H Kuryana Azis memimpin gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak di halaman Mapolres OKU, kemarin (4/3). Gelar pasukan tersebut juga dihadiri Dandim 0403 OKU Letkol Tan Kurniawan, Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga Sik MH, kapolsek, pejabat Pemerintah Kabupaten OKU, serta personil pengamanan pilkades.

“Semoga pilkades dapat berjalan lancar, aman, damai, kondusif. Saya berharap juga tidak ada politik uang. Jika pun ada, akan kita tindak sebagaimana mestinya,” kata Bupati OKU Kuryana Azis di hadapan pasukan.

Kuryana menjelaskan, apel ini sangat penting dalam pemantapan komitmen bersama guna mengantisipasi berbagai potensi pelanggaran pilkades.

“Oleh karena itu, semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pilkades dituntut mampu menjamin hasil Pilkades sesuai amanah dan harapan masyarakat,” ujar Kuryana.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga Sik MH juga menanggapi video yang beredar di media sosial tentang tumpukan uang yang disebut-sebut akan disebar untuk kepentingan salah satu calon kepala desa. Menurut Arif, uang itu bukan untuk politik uang.

“Polisi sudah mendatangi yang bersangkutan dan yang bersangkutan juga sudah membuat video klarifikasi. Uang itu hanya untuk candaan. Uang dalam video tersebut merupakan uang hasil dari menjual kebun,” ujar Arif.

Polres Oku mengerahkan sekitar 499 polisi dan 50 anggota Brimob. “Hari ini (kemarin) semua personil disebar ke TPS. Polanya adalah 2 polisi, 1 linmas, dan 2 TNI. Sedangkan pasukan Brimob siaga di Mapolres untuk antisipasi,” lanjut Arif. Arif juga mengungkapkan di Kabupaten OKU tidak ada daerah yang dianggap rawan pada Pilkades. “Sampai saat ini tidak ada yang dikategorikan rawan. Kalaupun ada hanya karena jarak tempuh. Kita (polisi) menjamin masyarakat dapat menyalurkan suaranya dengan aman,” pungkas Arif.

 

sumber : okes.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*