Jokowi Dijadwalkan Hadir pada Grand Final Piala Presiden Esports 2020

JAKARTA- Presiden Indonesia, Joko Widodo, dijadwalkan akan menghadiri Grand Final Piala Presiden Esports (PPE) 2020.

Hal ini diungkapkan oleh ketua penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha. Grand Final PPE 2020 dijadwalkan berlangsung di ICE BSD pada 1-2 Februari mendatang.

“Presiden Jokowi sudah kami undang. Tapi masih belum tahu apakah beliau akan hadir atau tidak. Yang pasti hadir adalah empat kementrian,” kata Giring kepada Kompas.com.

Empat kementrian yang dimaksud Giring adalah Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan Kantor Staf Presiden (KSP).

PPE 2020 ini memang terselenggara berkat kerja sama pemerintah melalui empat kementrian dengan Indonesia Esports Premier League (IESPL).

Piala Presiden Esports 2020 Sebelum mencapai grand final, PPE 2020 sudah menyelesaikan final kualifikasi regional timur dan barat pada bulan Januari. Berbeda dari edisi pertama, PPE 2020 kali ini lebih bergengsi karena turut mengundang peserta dari enam negara di kawasan Asia Tenggara.

Enam negara itu adalah Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam dan Kamboja. “Perubahan ini kami lakukan karena ada tantangan dari pemerintah yang ingin industri esports bisa menyatukan masyarakat Indonesia,” kata Giring.

“Untuk itu kami kali ini mengundang peserta dari negara lain agar masyarakat bisa mendukung tim Indonesia,” ujar Giring menambahkan.

Tidak hanya peserta, gim yang dilombakan juga berbeda dari PPE 2019. Pada edisi pertama, PPE hanya melombakan satu gim yakni Mobile Legends.

Kali ini PPE 2020 langsung melombakan empat gim sekaligus yakni Free Fire, eFootball Pro Evolutions Soccer 2020, Mobile Premier League, dan satu gim lokal hasil seleksi Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan IESPL.

“Free Fire dan PES saat ini menjadi dua gim dengan jumlah pemain terbesar di Indonesia bahkan dunia,” kata Giring.

“Free Fire dan PES juga punya jenjang karier yang jelas untuk para atlet. Kedua gim ini punya kompetisi berjenjang hingga Piala Dunia,” tutur mantan vokalis band Nidji ini.

Industri espors di Indonesia saat ini memang sedang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai turnamen yang sudah terselenggara dan munculnya banyak tim esports di Indonesia menjadi buktinya.

Jumlah hadiah di setiap turnamen juga tidak main-main. Pada Piala Presiden Esports 2020 kali ini, total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 1,5 miliar.

Sumber : Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*