Jenazah Pasien Covid-19 di Sulsel Bakal Dimakamkan di Kabupaten Gowa

Makasar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan lahan seluas 1,4 hektare di Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, untuk tempat pemakaman jenazah pasien virus corona ( Covid-19).

Pernyataan ini disampaikan langsung Kepala Satpol PP Sulsel Mujiono yang diinstruksikan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah untuk mengecek lokasi bersama Asisten Logistik Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Czi Galih Suhendro.

Mujiono mengatakan, pemakaman warga yang meninggal dalam keadaan terinfeksi virus Covid-19 tidak lagi dilakukan di Sudiang seperti yang disebutkan gubernur Sulsel sebelumnya.
“Siang ini kami mendapatkan langsung perintah dari gubernur bersamaan dengan aslog pak Galih menuju lokasi pemakaman. Yang pastinya lokasi itu milik pemerintah provinisi. Dari sisi apa saja di sana sangat aman dan sangat sehat,” ujarnya saat konferensi pers, Rabu (1/4/2020) malam.
Mujiono menjelaskan, pemilihan lokasi pemakaman di Kelurahan Samata dikarenakan jauh dari pemukiman warga.

Selain itu, letak pemakaman ini juga tidak terlalu jauh dari Kota Makassar.

Proses pemakaman nantinya bakal diawasi oleh pihaknya bersama anggota TNI dan Polri.

“Tadi Pak Galih juga sudah mengadakan ekskavator untuk menata lokasi tersebut,” kata dia.

Lahan seluas 1,4 hektare tersebut, kata Mujiono, nantinya bakal dibagi menjadi dua jenis yakni untuk pemakaman kaum nasrani dan kaum muslim.

“Lokasi pemakaman untuk pasien Covid-19 sendiri pada akhirnya disediakan Pemprov Sulsel mengingat dalam sepekan terakhir, sudah ada tiga penolakan pemakaman pasien PDP Covid-19 di Kecamatan Manggala, Makassar,” pungkasnya.

 

Sumber : Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*