Jembatan penghubung di Desa Lubuk Batang OKU putus total

Baturaja (ANTARA) – Jembatan penghubung di Desa Lubuk Batang Lama, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan putus total tidak bisa lagi dilintasi kendaraan roda dua dan empat.

Jusimani, Kepala Desa Lubuk Batang Lama, Ogan Komering Ulu (OKU), di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa Jembatan beton Air Aman di desa setempat kembali rusak, bahkan  putus total pada Senin (26/10) dini hari.

“Akibatnya jembatan tidak bisa lagi dilewati kendaraan,” katanya.

Menurut dia, jika sebelumnya kendaraan roda dua masih bisa melalui jembatan yang rusak, ambles tersebut, kini harus memutar arah yang jaraknya sekitar 4-5 kilometer karena akses jalan putus total.

“Sejak jembatan ambles pada Jumat (23/10) lalu, lalulintas kendaraan menjadi terganggu karena jalur ini merupakan jalan penghubung ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),” ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia berharap pemerintah segera melakukan pembangunan jembatan darurat sebagai jalan alternatif agar aktivitas kendaraan kembali lancar.

Sementara itu, Kepala Dinas PUBM-TR Sumsel, Darma Budhy sebelumnya menyampaikan pembangunan jembatan yang ambles di Desa Lubuk Batang Lama tersebut diupayakan akan dibangun pada pertengahan tahun 2021.

Untuk sementara waktu, kata dia, arus kendaraan akan dialihkan ke jalan alternatif hingga pembangunan dilakukan tahun depan. “Kami sudah meninjau jalan alternatif yang bisa digunakan masyarakat sekitar,” ujar dia.

Menurut dia, kerusakan pada jembatan ini disebabkan karena banyaknya kendaraan angkutan berat melebihi tonase yang melintas di jalur tersebut hingga badan jembatan ambruk nyaris tidak bisa lagi difungsikan.

“Apalagi sejak jalan diperbaiki banyak kendaraan berat melintas di jalur tersebut,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*