Inisiasi UU-Ciptaker Sejak Luhut Binsar Jabat Menkopolhukam

Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, Omnibus Law UU Cipta Kerja dikerjakan sejak lama, bahkan sejak dirinya masih menjabat Menko Polhukam.

“Jangan dibilang buru-buru. Saya ingin mundur sedikit ya. Sejak saya Menko Polhukam, Presiden sudah perintahkan itu. Dia melihat, kenapa itu semrawut. Akhirnya kita cari bentuknya dan ketemulah apa yang disebut Omnibus ini,” kata Luhut dalam wawancara satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin yang ditayangkan salah satu saluran televisi swasta, Kamis (15/10/2020).

Saat itu, Luhut pun langsung mengumpulkan sejumlah pakar hukum dalam inisiasi Omnibus Law. Namun, pembahasan baru benar-benar dikerjakan lebih lanjut setelah Pilpres 2019.

“Jadi tidak ada yang tersembunyi. Semua terbuka, semua diajak omong. Tapi kan tidak semua juga bisa diajak omong. Ada keterbatasan,” katanya.

Dengan keterbatasan itu, Luhut pun mengakui dalam pembahasan tidak semua pihak yang sepakat. Namun tentu hal itu menjadi ciri demokrasi dalam mengerjakan Omnibus Law Cipta kerja.

Dengan kekurangan itu, Luhut memastikan akan disempurnakan dalam aturan turunan berupa Peraturan Presiden (Perpres), Peraturan Pemerintah (PP) hingga Peraturan Menteri (Permen).

“Kalau itu diperlukan untuk mengakomodasi kekurangan sana sini,” pungkasnya.

 

sumber : RRi.Co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*