Imbas Virus Corona, Seluruh Pertandingan Olahraga Di Italia Digelar Tampa Penonton

Jakarta : Pemerintah Italia mengambil langkah tegas menghadapi Virus Corona. Langkah tegas tersebut diambil guna melakukan antisipasi, pencegahan, dan penyebaran virus ini. Salah satu langkah tegas yang diambil aalah, seluruh pertandingan olahraga diputuskan berlangsung tertutup.

Sejumlah agenda olahraga sudah terganggu dengan penyebaran virus ini di Italia, Sejumlah laga Serie A, kompetisi sepakbola tertinggi Italia dan salah satu di antara lima liga top Eropa, telah ditunda setelah sebelumnya sempat dinyatakan berlangsung secara tertutup.

Sebelumnya semifinal Piala Italia antara Juventus vs AC Milan dan Napoli vs Inter Milan ditunda. Pada akhirnya pada Rabu (4/3/2020) waktu setempat, pemerintah Italia mengambil keputusan bahwa, seluruh pertandingan olahraga di Italia akan digelar secara tertutup hingga 3 April Mendatang.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, dan mencakup seluruh wilayah Italia, termasuk wilayahb yang belum terdapat kasus virus corona.

“Tidak akan ada ajang olahraga dengan kehadiran publik demi mencegah peluang penularan lebih jauh. Ajang olahraga dan kompetisi dari semua jenis dan disiplin, digelar di seluruh tempat, baik publik dan privat, ditangguhkan,” ungkap pernyataan resmi pemerintah Italia dikutip dari BBC.

“Meski demikian, diizinkan untuk tetap menggelar ajang dan kompetisi tersebut secara tertutup, atau di luar ruangan tanpa kehadiran publik.”

Pemerinta Italia juga memerintahkan seluruh Asosiasi dan Klub Olahraga untuk melakukan pemeriksaan kepada para staff, atlet, teknisi, manajer dan lainnya guna pencegahan penyebaran virus corona.

Di Seria A sendiri, banyak pertandingan yang sebelumnya ditunda, termasuk pertandingan Juventus vs Intermilan yang ditunda dari pada dimainkan tanpa penonton.

Namun, setelah pertemuan klub dan perwakilan Serie A pada hari Rabu, kepala eksekutif Inter Giuseppe Marotta mengatakan bahwa bermain tanpa penonton bisa menjadi satu-satunya cara untuk menyelesaikan musim Serie A.

“Bermain di balik pintu tertutup bisa menjadi satu-satunya cara untuk menyelesaikan kejuaraan dalam keadaan darurat dan mengadopsi pembatasan yang pemerintah lakukan dengan benar,” katanya.

Italia sendiri menjadi negara Eropa dan negara ke 3 dengan kasus vireus corona terbanyak. Setidaknya terdapat 3.090 kasus virus corona di Italia dengan total 107 kematian.

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*