Drs. Slamet Riyadi : Pencoblosan Pilkades Serentak Harus Aman dan Kondusif

BATURAJA – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Memimpin Rapat Pemantapan Pilkades Serentak Tahun 2020 di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Senin (02/03/2020).

Bupati, diwakili Asisten I Setda OKU Drs. Slamet Riyadi, M.Si., dalam arahannya “mengatakan pelaksanaan Pilkades serentak Kab OKU tahun 2020 diikuti 74 desa dari 12 kecamatan se Kab OKU. Diantara 74 desa tersebut, terdapat tiga desa lebih dari satu TPS, hal inilah yang mengharuskan kita terutama Pokja baik dari Camat, TNI, Polri serta perangkat lainnya Babinkamtibmas, serta Babinsa untuk mensukseskan Pilkades ini”. Kata nya

Seperti diketahui selama dua hari ini adalah hari masa tenang sebelum pencoblosan tanggal 5 Maret nanti, situasi seperti ini harus dijaga agar tetap aman dan kondusif untuk membuat pelaksanaan Pilkades berjalan dengan baik, untuk itu semua Pokja yang terlibat agar betul-betul dapat menjalankan tugasnya dengan baik hingga pada hari pencoblosan nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab OKU Drs. Ahmad Firdaus, M.Si., dalam laporannya mengatakan “sehubungan dengan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa Kab OKU serentak pada tanggal 5 Maret 2020, hal ini tertuang sesuai dengan keputusan Bupati nomor:141/1212/KPTS/XXVII/2019 tanggal 7 November 2019 tentang hasil pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak Kab OKU tahun 2020”. Tutur nya

“Desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2020 berjumlah 74 desa dari 12 kecamatan di Kab OKU, yaitu Kec. Baturaja Barat 4 desa, Kec. Baturaja Timur 1 desa, Kec. Lubuk Batang 11 desa, Kec. Peninjauan 11 desa, Kec. Lubuk Raja 6 desa, Kec. Sosoh Buay Rayap 3 desa, Kec. Pengandonan 8 desa, Kec. Lengkiti 9 desa, Kec. Sinar Peninjauan 5 desa, Kec. Semidang Aji 10 desa, Kec. Ulu Ogan 5 desa, dan Kec. Muara Jaya 1 desa”. Terang nya

Jumlah calon kepala desa Pilkades serentak tahun 2020 berjumlah 246 orang peserta yang dibantu oleh personil keamanan, TNI dan Polri berjumlah 499 orang ditambah personil Pol PP.

Pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020 ada satu desa, yaitu desa Raksa Jiwa Kec. Semidang Aji terjadi kesalahan dalam penetapan surat suara terdapat kata periode 2020 seharusnya kata tahun 2020 dan sudah dibuatkan berita acara dan telah diselesaikan pihak terkait serta dinas PMD Kab OKU.

Menurut rencana pelaksanaan Pilkades serentak Kab OKU akan ditinjau langsung oleh Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0403 OKU, Kejaksaan, Pengadilan Neger, dan jajaran OPD lainnya ke beberapa titik yang telah ditentukan.

Ditempat yang sama, Dandim 0403 OKU Letkol Arh. Tan Kurniawan, S.AP., M.IPol., mengajak senua yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades ini, Camat, TNI, Polri dan pemerintah bersinergi untuk kenyamaan Pilkades tersebut, disamping itu juga agar tidak kesalahan prosedur dalam pelaksanaan, maka harus sudah dipersiapkan dari dini terutama langsung mengecek ke lapangan”. Tegas nya

Suasana netralitas harus selalu ditanamkan dan tidak memihak salah satu Paslon Pilkades dengan pendekatan persuasif yang menciptakan kedamaian.

Sementara itu Kapolres OKU, diwakili Kabag Ops Polres OKU Ginting mengatakan, pada pelaksanaan Pilkades ini, Polres OKU melibatkan sebanyak 181 personil untuk PAM dan TPS.
83 personil ditugaskan pada 3 zona dan dibantu 100 personil lainnya.

“Lebih lanjut Kabag Ops, untuk daerah rawan konflik, Polres OKU akan bersedia menambah jumlah personil jika itu diperlukan. Disamping itu yang terpenting adalah koordinasi dan komunikasi sesama anggota Pokja untuk mengajak masyarakat mengawal dalam pelaksanaan Pilkades dengan suasana aman, nyaman, dan kondusif”. Kata nya

Pantauan MemoSumsel hadir pada Acara ini, Polres, Kodim 0403 OKU, OPD, Kabag, Camat, Muspika, Kades, dan undangan lainnya.

 

 

sumber : Memosumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*