Dinkes OKU Lakukan Pelacakan Kontak Erat Kasus Konfirmasi Positif Baru

Sebagai tindak lanjut dari ditemukannya kasus baru konfirmasi positif covid-19 di Kabupaten OKU hari ini (7/4/2020) telah dilakukan pelacakan dan pemeriksaan sampel terhadap orang-orang yang sempat melakukan kontak erat dengan kasus baru tersebut.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan metode rapid test dan PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mengetahui apakah sudah terjadi penularan virus kepada kontak erat, selanjutnya sampel pemeriksaan dikirim ke BTKL-PP Palembang untuk dilakukan pengujian.

Mengingat kedua orang kasus konfirmasi positif covid-19 baru ini dalam kondisi baik dan tanpa gejala, hal ini membuktikan bahwa covid-19 tidak selalu membuat orang yang terinfeksi menjadi demam, batuk atau sesak nafas sehingga menjadi sulit dikenali. Oleh karena itu masyarakat perlu waspada bahwa di sekitar kita mungkin saja ada penderita positif covid-19 tanpa gejala yang tidak kita ketahui.

Jalan terbaik untuk menghindari terjadinya penularan penyakit adalah tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta melakukan social distancing dengan cara tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting seperti membeli bahan makanan dan pengobatan, menghindari kerumunan, dan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter jika berada di luar rumah.

Selain itu agar tidak menjadi sumber penularan baru bagi orang lain, semua masyarakat Kabupaten OKU yang baru pulang dari bepergian ke tempat yang telah terpapar covid-19 hendaknya dengan penuh kesadaran segera melakukan isolasi mandiri selama 14 hari walaupun orang tersebut tidak menunjukkan gejala penyakit. Karena kita tidak pernah tahu apakah saat ini sudah terinfeksi covid-9 atau tidak, sebelum dibuktikan dengan hasil pemeriksaan laboratorium.

 

 

 

 

 

sumber : Dinkes okukab.go.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*