Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten OKU Selenggarakan Penyuluhan Bahaya Narkoba

BATURAJA – Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) Kabupaten Ogan Komring Ulu, selenggarakan Penyuluhan bahaya narkoba bagi pemuda yang di diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari pelajar SMA/SMK se Kota Baturaja, Mahasiswa dan anggota Organisasi Kepemudaan di Kabupaten OKU, kegiatan nya dilaksanakan di Aula Hotel Grand Kemuning, Selasa (25/2/20).

Pantauan awak media ini, hadir dalam acara ini Komandan Kodim 0403/OKU Letkol. Arh. Tan Kurniawan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah raga Kabupaten OKU Hipni Rusdi, SE Perwakilan Dinas Pendidikan OKU, Perwakilan Kesbang Pol OKU serta undangan lainnya.

Dalam kegiatan ini mengangkat tema “Pemuda kreatif tanpa zat adiktif”

Kepala Bidang Layanan Pemuda Dispora OKU, Yatino, S.IP dalam laporannya menyampaikan bahwa materi yang akan disampaikan dalam kegiatan penyuluhan bahaya narkoba ini antara lain kebijakan pemerintah daerah dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba, tuntutan hukum bagi pemakai/pengedar narkoba, mengenal jenis narkoba, dampak dan sanksi hukum bagi pengguna/pengedar narkoba, dampak penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan pemuda, dampak kesehatan bagi pemakai narkoba dan peran agama dalam membentengi diri terhadap penyalahgunaan narkoba dikalangan pemuda.

Baca Juga :   Sempat Buron, Mantan Istri Kades Kembali Tertangkap Kasus Narkoba

“Adapun yang akan menjadi pemateri dalam kegiatan ini antara lain, perwakilan dari Pemkab OKU, Polres OKU, Kejari OKU, Dinas Kesehatan OKU dan Kementerian Agama Kabupaten OKU,” papar nya

Yatino juga menjelaskan bahwa penyuluhan bahaya narkoba itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba, memberikan pengetahuan tentang jenis narkoba, agar pemuda dapat memahami bahaya zat-zat yang terkandung dalam narkotika atau sejenisnya, meberikan pemahaman ancaman dan hukuman bagi pemakai dan pengedar narkoba, menanamkan pentingnya peran agama dalam membentengi diri pemuda terhadap pengaruh destruktif narkoba.

Sementara itu Bupati OKU Drs. Kuryana Azis dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten OKU Hipni Rusdi, SE menyampaikan bahwa Pemkab OKU sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan narkoba itu.

“Persoalan generasi muda saat ini sangat kompleks salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba, dengan berbagai dampak negatifnya merupakan masalah global, regional, nasional maupun lokal yang sangat kompleks,” ucap Himni Rusdi membacakan sambutan Bupati.

Himni melanjutkan bahwa narkoba dapat merusak dan mengancam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara serta dapat melemahkan pertahanan nasional dan menghambat pembangunan

“Dampak bahaya penyalahgunaan narkotika dari tahun ketahun semakin meningkat tidak terkecuali di Kabupaten OKU, dan hal ini angat membahayakan pembangunan generasi muda,” Ujar Himni.

Menurut Himni Kondisi tersebut memerlukan penanganan yang terpadu dan serius oleh karena itu Pemkab OKU melalui Dispora OKU mengadakan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Para pengguna narkoba menurut Himni akan merugikan dirinya sendiri, orang tua dan keluarganya, oleh karena itu dirinya mengajak semua yang hadir untuk menolak, dan memerangi kejahatan narkoba dan zat adiktif lainnya.

“Pemkab OKU telah bertekad bulat bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan bahaya yang mesti ditangani sejak dini, dengan melibatkan seluruh potensi yang ada, baik pemerintah, masyarakat LSM, pihak-pihak terkait lainnua dan tentunya keterlibatan para pemuda/pemudi,” pungkas Hipni mengakhiri sambutan Bupati OKU.

 

sumber : Memosumsel.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*