Di Indonesia Setiap Hari 250 Meninggal Dunia Karena TBC

    • KBRN, Cimahi : Dunia sudah memutuskan tahun  2030, penyakit tuberculosis (TBC) harus tereliminasi . Ini merupakan perjuangan besar,  karena Indonesia  rakyatnya banyak dan menjadi  nomor 3 di dunia,  jadi pekerjaan masih banyak.

Dewan Pertimbangan Presiden Arifin Panogoro kepada RRI mengatakan, pemerintah sudah maksimal sehingga semua harus berperan dan keroyokan menuntaskan TB.

“Ini kreasi komunitas, kita mendorong sampai pak Presiden hari ini mau mencanangkan gerakan bersama menuju eliminasi TBC tahun 2030, bahwa tuberculosa harus berhenti tahun2030,” ujar Arifin Panigoro saat ditemui RRI disela kegiatan pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC tahun 2030 oleh Presiden Joko Widodo di Gedung Cimahi Technopark, Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu (29/1/2020).

Jumlah penderita TB di Indonesia banyak “Gini yang lagi rame Corona, Corona itu meninggal totalnya belum mencapai 200 orang. Di Indonesia setiap hari  250 orang  meninggal karena TBC. dan hampir 100.000 orang meninggal setiap tahun, banyak sekali. Ini yang harus kita keroyok bersama,” ungkapnya.

Ketua Forum Stop TB Partnership Indonedia itu menyebutkan, karena TBC merupakan penyakit menular  masyarakat harus mengerti dan melakukan pencegahan, merubah gaya hidup dan semua mengambil peran sendiri-sendiri.

“Tentu pemerintah pemerintah jelas ada, juga komunitas, kayak saya itu sekarang menjadi pimpinan dari Forum Stop TB Partnership Indonesia.Itu anggotanya banyak banget seperti PPTDI, Aisyiah dari Muhammadiyah aktif banget, dari NU terus dari yang lainnya. Ini semua harus mengambil perannya sendiri bagaimana ada yang melakukan  pencegahan, ada yang mencari (penderita TB),  kalau sudah dicari ada yang menyembuhkan, dengan cara mengikuti pengobatan,” paparnya.

Menurut Arifin, pengobatan TBC di Puskesmas obatnya gratis dengan pengobatan selama 6 bulan yang harus dengan taat minum obat tanpa terputus hingga sembuh.

“Untuk semua kita membutuhkan peran para kader, sampai kader Pengawas Menelan Obat (PMO), yang pekerjaannya sangat banyak. Ya target kita 10 tahun TBC tereliminasi, kalau bisa,” sebutnya penuh harap.

 

sumber : RRI.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*