BUPATI OKU BUKA RAPAT KOORDINASI KESIAGAAN BENCANA

Baturaja – Bencana alam terkadang tidak bisa di prediksi, namun sebagai pemerintah harus siap siaga dalam menanggulangi bencana alam tersebut. Untuk menanggulangi bencana tersebut perlu diadakan koordinasi dari semua pihak agar penanggulangan terhadap bencana tersebut dapat diatasi dengan cepat dan baik.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis, menghadiri sekaligus membuka acara rapat koordinasi kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, tanah longsor, kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab OKU, Kamis (17/02/2020).

Kepala BPBD Kabupaten OKU Amzar Kristofa, menyampaikan Rakor diselenggarakan menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri nomor 360/132/SJ tanggal 17 Februari 2020, Tentang antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Yaitu membentuk posko kesiapsiagaan pemerintah daerah dan melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca dan atau peringatan dini dari BMKG, BNPB dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk mengetahui perkembangan situasi terkini

Menyiagakan seluruh aparatur pemerintah daerah dan mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Instansi Vertikal di daerah dan relawan siaga bencana serta unsur masyarakat lainnya.

Menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka siaga banjir/longsor dan resiko akibat bencana lainnya

Kemudian mengalokasikan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT), yang cukup dan siap digunakan setiap saat dalam keadaan darurat bencana.

Menyebarluaskan informasi potensi bencana kepada masyarakat setempat melalui berbagai saluran informasi seluas-luasnya.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis, menyampaikan bahwa bencana alam ini jauh sebelumnya sudah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis meminta kepada petugas, jika ada informasi kejadian agar cepat datang ke lokasi, jangan menunggu anggotanya lengkap terlebih dahulu. Entah lima atau berapa orang segera datang.

Kami tegaskan bahwa peristiwa bencana alam bukan tanggung jawab salah satu lembaga saja, namun tanggung jawab bersama, sehingga kita harus menjalin kerja sama yang baik.

Dandim 0403 Letkol ARH Tan Kurniawan S.A.P., M.I.Pol, menyampaikan arahannya selalu mengkoordinasikan proses kesiapsiagaan, penyelamatan dan evakuasi apabila terjadi kondisi darurat serta mengaktifkan rencana kontijensi yang disusun jika terjadi tanggap darurat.

Dandim 0403 Letkol ARH Tan Kurniawan S.A.P., M.I.Pol, mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan segera menginformasikan jika suatu saat terjadi bencana alam.

Dandim 0403 beserta jajaran mendukung penuh bencana alam di Kabupaten OKU, bahwa penanggulangan bencana adalah tugas kita bersama.

Sementara itu Kapolres OKU, AKBP Tito Travolta Hutauruk melalui Kabag Ops Kompol M.Ginting, mengungkapkan bahwa Polres OKU beserta jajaran mendukung penuh penanggulangan bencana alam di Kabupaten OKU.

Hadir pada acara ini, Mewakili Kapolres OKU, Dandim 0403 OKU, Sekda OKU, Staf Ahli Bupati, Asisten, OPD, Kabag, Camat, Lurah, Perbankan, BUMN/BUMD dan undangan lainnya.

 

sumber : okupos.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*