Bupati-Istri Dapat Gelar dari Masyarakat Lengkiti

 

OKU – Bupati OKU Drs H Kuryana Azis dan istri Hj Badiar Dewi mendapat gelar Pati Purnama Bangsa dan Ratu Ayu Permata dari pemangku adat masyarakat kecamatan Lengkiti.

Pemberian gelar ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh ketua adat masyarakat Lengkiti. Prosesi dilanjutkan dengan pemberian gelar adat oleh ketua adat masyarakat Lengkiti Jauhari Iskandar.

Pemberian gelar ini dilakukan bersamaan dengan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVII dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2020 di Lapangan Desa Tanjung Agung, Kecamatan Lengkiti pada 19 Maret lalu.

Menurut Jauhari Iskandar, ketua adat masyarakat Lengkiti, pemberian gelar ini sebagai penghormatan atas kepedulian masyarakat Lengkiti kepada pemimpin yang mengayomi dan menerangi rakyatnya dengan cahaya kelembutan dan ketentraman.

Untuk itu, pemangku adat masyarakat Lengkiti menganugerahkan gelar Pati Purnama Bangsa dan Ratu Ayu Permata kepada Kuryana Azis dan Istri Hj Badiar Dewi.

“Kami berharap gelar yang disematkan kepada Bupati OKU dan ibu akan bermanfaat untuk terus berbuat dan lebih berbuat untuk OKU dan masyarkat di masa mendatang,” kata Jauhari.

Sementara itu, Bupati OKU Kuryana Azis mengatakan, gelar adat yang diterima bersama istri memiliki arti tersendiri baik secara pribadi maupun sebagai bupati, juga bagi  warga OKU.

“Gelar adat ini adalah salah satu implementasi dari apa yang sering saya sampaikan saat kunjungan kerja ke daerah-daerah untuk tetap mempertahankan kearifan lokal di tengah derasnya arus modernisasi masuknya budaya luar,” katanya.

Diantaranya dengan menghormati dan mengikuti kearifan lokal yang terdapat di suatu daerah. Dirinya sebagai pemipimpin berupaya  memberikan contoh atau teladan yang baik bagi semua warganya yang terdiri dari berbagai agama, suku, budaya dan adat istiadat yang berbeda. Namun, tetap solid dan rukun dalam bingkai NKRI yakni Bhinneka Tunggal Ika. “Dengan gelar yang kami terima ini  artinya saya sudah resmi menjadi bagian dari warga Lengkiti secara khusus dan masyarakat OKU pada umumnya. Sehingga, masyarakat di lengkiti harus bersatu mendukung saya untuk membangun OKU yang lebih baik lagi di segala lini dan bidang,” tukasnya.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*