BPOM Sebut 2 Vaksin Corona yang Bakal Siap Pakai Awal 2021, Apa Saja?

Jakarta – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM), Penny K Lukito mengatakan Indonesia saat ini tengah melakukan pengembangan vaksin untuk mengatasi virus Corona yang melanda. Selain memproduksi vaksin, Indonesia juga tengah melakukan kerja sama agar bisa mempercepat ketersediaan vaksin.Penny menyebutkan beberapa vaksin yang sudah dalam pendampingan BPOM, yaitu Sinovac dengan PT Biofarm, Sinofarm dengan Kimia Farma, G42 dari Uni Emirat Arab dengan Kimia Farma, dan vaksin Genexine dengan PT Kalbe Farma.

Dalam siaran pers yang dilakukan di YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (1/9/2020), Penny juga mengungkap beberapa vaksin siap digunakan dalam rentang waktu akhir 2020 sampai awal 2021 nanti.

1. Sinovac

Penny mengatakan, vaksin Sinovac dari PT Biofarm saat ini sedang menjalani tahapan uji klinis. Selain itu, ada juga transfer technology dari Sinovac.

“Seperti yang kita ketahui, uji klinis dari Sinovac ini sudah berjalan. Nanti ada juga transfer technology dari Sinovac, dalam hal ini yang akan diproses di kapasitas produksi yang dimiliki oleh biofarma,” jelas Penny.

2. Sinopharm

Kepala BPOM tersebut juga menjelaskan kerja sama dengan perusahaan G42 dari Uni Emirat Arab dalam menghasilkan produk vaksin. Vaksin yang dihasilkan nantinya adalah vaksin yang sudah menjadi produk jadi.

“Ada juga yang kedua adalah kesempatan kerja sama dengan G42 dari Uni Emirat Arab, itu adalah produk jadi, Insya Allah harapannya adalah produk jadi,” kata Penny.

Penny juga menjelaskan tujuannya datang ke Uni Emirat Arab adalah untuk memastikan uji klinik sudah dilakukan dengan baik. Ia juga mengatakan bahwa puas melihat proses uji klinik yang terorganisir dengan jumlah subjek yang sangat besar. Bahkan vaksin tersebut sudah mendapatkan izin edar di negaranya.

“Saya kira ada percepatan yang dikaitkan dengan akses pada vaksin pada waktunya nanti, sekitar 2020, awal 2021,” pungkasnya

 

Sumber : Detik.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*