BPBD Pemkab Musi Banyuasin dan Pemerintah Kecamatan inspeksi desa pinggiran sungai

MUBA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin bersama Pemerintah Kecamatan Sanga Desa, Selasa (11/2) melakukan monitoring ke sejumlah Desa yang berada di pinggiran sungai yang menjadi lokasi banjir tahunan. Bersamaan dengan itu, Pemerintah kecamatan Sanga Desa langsung, menyerahkan bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir.

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolsek Sanga Desa, Danramil 401-02 Babat Toman, Kapten. Inf. Suhartono yang diwakili oleh Babinsa, Serma Firman bersama Camat Sanga Desa didampingi Kasi PMD kecamatan, Masmawi, S.sos.

Camat Sanga Desa Suganda mengatakan desa yang terdampak banjir tersebut adalah Trans SP 3 Desa Jud 1 dan Trans SP 1 dan SP 2 Desa Air Balui akibat tingginya curah hujan sehingga meluapnya air Sungai Musi dan Sungai Rawas. Untuk Trans SP 3 Des Jud 1 berjumlah 15 KK, empat diantaranya sudah mengungsi di PT PPA dan PT SAL.

“Debit air di lahan perkarangan Desa ini mencapai 100 cm sampai dengan 250 cm, dan sebagian akses jalan sudah ada yang tergenang air dengan ketinggin mencapai 70 cm,” tuturnya.

Kemudian lanjutnya, Trans SP 1 dan Trans SP 2 Desa Air Balui berjumlah 230 KK, debit air 50 cm hingga 150 cm dan juga sebagian akses jalan sudah ada yang tergenang dengan ketinggian mencapai 50-70 cm.

“Ada 9 titik akses jalan yang terputus sehingga menghambat aktifitas masyarakat. Untuk SD 4 Trans Air Balui sementara diliburkan karena tergenang banjir,” imbuhnya.

Lebih lanjut, KUPTD Trans SP 3 Desa Jud 1 telah menyediakan Posko pengungsian di Sekolah SD 1 Filial Trans SP 3 Desa Jud 1, namun belum ada warga yang mengungsi di posko tersebut.

“Saat ini debit air di Trans SP 3 Desa Jud 1, Trans SP 1 dan Tran SP 2 Desa Air Balui masih mengalami kenaikan hingga mencapai 20 cm, kemudian debit air akan terus bertambah dikarenakan curah hujan di hulu sungai musi masih sangat tinggi,” ungkap Suganda.

Sementara itu, Kepala BPBD Muba Indita Purnama Menyatakan Sesuai Arahan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin pihaknya segera mendirikan posko bersama antara Pemerintah kecamatan dan Desa TNI/Polr.

“Jika situasi dalam keadaani emergency kita akan mendirikan tenda-tenda pengungsian dan menempatkan personil TRC ( Tim Reaksi Cepat) yang setiap saat memantau perkembangan situasi di lapangan serta berkoordinasi untuk tindak lanjut bersama dengan Dinas Terkait baik Dinkes, Dinsos, dan Dinas ketahanan pangan untuk tindak lanjut bersama baik dalam pendistribusian bantun bantuan yang dibutuhkan warga yang terdampak banjir, ” tuturnya.

Masih menurut Kaban BPBD sesuai arahan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin memerintahkan OPD untuk mengambil Tindakan Penanggulangan berdasarkan SOP kebencanaan.

“Kami diperintahkan bupati untuk segera mendirikan posko dan memantau langsung apa yang menjadi Kebutuhan warga di lapangan harus segera dipenuhi, termasuk masalah kesehatan, kebutuhan pangan, dan lain sebagainya,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Sanga Desa, Iptu. Suvenfri, SH di sela memberikan bantuan mengatakan, bahwa Personil Polsek Sanga Desa akan terus melakukan pantauan bersama dinas dan Instansi terkait guna melakukan evakuasi dan membantu warga yang terkena dampak banjir.

“Kita terus turun ke lapangan guna membantu warga yang terkena banjir. seandainya ada yang diungsikan nanti, kita bantu proses evakuasinya. Dan tadi kita telah turun bersama BPBD Muba dan Camat memberikan bantuan kepada warga yang kena banjir di wilayah SP 1 Desa Jud I,” jelasnya.

 

sumber : Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*