BPBD dan Masyarakat Diimbau Tetap Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

JAKARTA – Ketua MPR Bambang Soesatyo mengimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di semua daerah untuk segera konsolidasi dan meningkatkan kesiapsiagaan guna merespons potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.

Tak hanya BPBD, Bambang juga meminta masyarakat tetap waspada, sehingga dapat memperkecil risiko. “Sebab, ada perkiraan terjadinya curah yang tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Kewaspadaan masyarakat menjadi penting untuk memperkecil risiko,” ujar Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima Senin (6/1/2020).

Bambang mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mempublikasikan perkiraan curah tinggi di sejumlah daerah pada periode 5 hingga 10 Januari 2019.

“Perkiraan daerah dengan curah hujan tinggi itu meliputi Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Sulawesi, Sumatera Selatan dan Jawa, termasuk Jakarta serta Bodetabek,” ujarnya.

Selain itu, kata Bambang, berdasarkan informasi BMKG daerah pesisir Jakarta Utara akan mengalami air pasang pada 9 Januari hingga 11 Januari 2020.

Air pasang maksimum akan terjadi pada pukul 10.00 WIB pada 9 Januari, pukul 10.00-11.00 WIB pada 10 Januari dan pukul 11.00 WIB pada 11 Januari 2020.

Dengan demikian, menurut Bambang, informasi rinci dari BMKG hendaknya ditanggapi dengan beragam kegiatan antisipatif yang diperlukan. “Utamanya oleh pemerintah daerah dan BPBD, serta semua elemen masyarakat.

Untuk memperkecil risiko, Ketua MPR juga mendorong semua organisasi relawan pro aktif menghadapi berbagai kemungkinan,” pungkasnya.

sumber : Kompas.com

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*